Mohon tunggu...
Ahmad Rusdiana
Ahmad Rusdiana Mohon Tunggu... Praktisi Pendidikan, Penulis, Peneliti, Pengabdi, Pendiri/Pembina YSDPAl-Misbah Cipadung Bandung-Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat. Peraih Kontributor Terpopuler Tahun 2024 di Repositori UIN Bandung

"Kompasiana Best Fiction Award Explorer" 22/1/2025

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Piket Sosial Sekolah Era 5.0: Pondasi Kuat Tumbuhnya Karakter Gapura Panca Waluya

16 Mei 2025   21:03 Diperbarui: 16 Mei 2025   20:10 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Cerdasberkarakter.kemdikdasmen tersedia di https://www.instagram.com/p/CES_b9cj9rB/?img_index=6 (dimodifikasi)

Piket Sosial Sekolah Era 5.0: Pondasi Kuat Tumbuhnya Karakter Gapura Panca Waluya

"Piket Sosial Sekolah adalah kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan disiplin siswa terhadap lingkungan sekolah dan diri sendiri. Kegiatan ini melibatkan berbagai tugas seperti membersihkan kelas, menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan kegiatan lain yang bermanfaat."

Oleh: A. Rusdiana

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Barat sudah 74,92 pada 2024, tertinggi sepanjang sejarah provinsi ini, namun kualitas hidup tinggi belum otomatis sejalan dengan perilaku siswa. Provinsi yang sama masih mencatat 1 261 korban kekerasan anak per Agustus 2024, terbanyak di Indonesia BPS JabarGoodStats. Pada sisi kapasitas pendidik, rata‑rata skor Uji Kompetensi Guru (UKG) 2022 di Jabar hanya 46,81, di bawah Jawa Tengah 50,41 dan DKI Jakarta 47,93 makassar.lan.go.id. Proyek Layanan Piket Sosial memadukan service learning dengan kerangka Keteraturan & Kendali Sosial modern, yang mengedepankan kontrol melalui teladan bukan hukuman. Kebijakan Gapura Panca Waluya, berakar pada kearifan Sunda, menargetkan profil Cageur, Bageur, Bener, Pinter, Singer; sementara pendekatan. Deep Learning menuntut pengalaman autentik agar konsep moral tertanam. Namun Data kekerasan dan nilai UKG di atas menunjukkan jurang lebar antara aspirasi “CB BPS” (Cageur‑Bageur‑Bener‑Pinter‑Singer) dan praktik keseharian di kelas. Piket Sosial Sekolah adalah kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan disiplin siswa terhadap lingkungan sekolah dan diri sendiri. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Sampahku Tanggung Jawabku" bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pengelolaan sampah dan tanggung jawab mereka terhadap lingkungan. Kegiatan ini melibatkan berbagai tugas seperti membersihkan kelas, menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan kegiatan lain yang bermanfaat.

Tulisan ini dimaksudkan membedah bagaimana model Piket Sosial melalui lima strategi terukur, dapat menjadi kendaraan holistik untuk membangun karakter, menjawab tantangan Society 5.0, menyiapkan Kurikulum Cinta & Deep Learning, serta berkontribusi pada SDGs (4 Pendidikan Bermutu, 11 Kota Berkelanjutan, 12 Konsumsi Produksi Berkelanjutan, 16 Perdamaian & Keadilan). Berikut Lima Strategi Piket Sosial Sekolah 5.0: Pondasi Kuat Tumbuhnya Karakter Cageur Bageur: 

Pertama: Bank Sampah Digital (BSD); Siswa C‑5 Evaluate—menilai volume, nilai ekonomi, dan jejak karbon sampah sebelum memutus skema penukaran poin. Program selaras Langkah 3 SE 45/PK.03.03/KESRA (mengganti study‑tour dengan kewirausahaan hijau). Pilar Deep Learning: mindful—sadar pola konsumsi; meaningful—data real jadi micro‑grant; joyful—kompetisi ramah lingkungan tiap Jumat. Aplikasi no‑code menumbuhkan literasi digital & akuntansi sambil menekan sampah ≥20 %/semester. Swara Pendidikan

Kedua: Taman Baca Berbasis QR; Siswa C‑5 Evaluate—menilai relevansi dan kredibilitas sumber sebelum menambah e‑book. Inisiatif mendukung Langkah 7 (penguatan wawasan kebangsaan) karena kurasi konten lokal‑nasional wajib seimbang. Deep Learning: mindful—memilih bacaan sesuai kebutuhan; meaningful—berbagi tautan QR memperluas literasi; joyful—gim “scan‑n‑share” berhadiah badge. Pinjaman naik 40 % dan diskusi kritis lintas kelas tumbuh, membangun ekosistem literasi inklusif. Swara Pendidikan

Ketiga: Refleksi C‑5 Mingguan; Forum refleksi C‑5 meminta siswa menimbang dampak ekologis, ekonomi, dan moral lalu merekomendasikan perbaikan. Praktik ini memperkuat Langkah 2 (peningkatan kualitas guru) melalui fasilitasi data‑driven, serta Langkah 9 (pendidikan moral‑spiritual). Deep Learning: mindful—kesadaran diri via jurnal; meaningful—rubrik dampak nyata; joyful—format talk‑show santai. Metakognisi rutin menurunkan konflik kelas 15 % dalam tiga bulan. Swara Pendidikan

Keempat: Kampanye Empati Micro‑Story; Siswa C‑5 Evaluate—menakar kualitas pesan & respons audiens melalui analitik sebelum memviralkan video 60 detik. Selaras Langkah 8 (penanganan perilaku menyimpang) karena narasi empati menggantikan konten perundungan. Deep Learning: mindful—refleksi dampak posting; meaningful—kisah nyata lapangan; joyful—tantangan kreatif lintas platform. Engagement positif naik 3×, menyuburkan budaya digital kindness. Swara Pendidikan

Kelima: Integrasi Kurikulum Cinta & Gapura Panca Waluya; Tiap tugas dipetakan ke karakter CB BPS dan matriks C‑5—misal BSD → “nilai transparansi”—agar keputusan berbasis data etis. Model ini menopang Langkah 1 (infrastruktur) via dashboard progres terbuka dan Langkah 5 (Program Makan Bergizi) menggunakan poin BSD. Deep Learning lengkap: mindful refleksi harian, meaningful layanan komunitas, joyful badge karakter. Guru berperan sebagai “nabi kecil” sekaligus analis dampak. Swara Pendidikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun