Mohon tunggu...
Ahlis Qoidah Noor
Ahlis Qoidah Noor Mohon Tunggu... Guru - Educator, Doctor, Author, Writer

trying new thing, loving challenge, finding lively life. My Email : aqhoin@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menulis Soal Bahasa Inggris yang Baik: Washback Effect (2)

31 Januari 2019   15:38 Diperbarui: 6 Juli 2021   08:05 967 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menulis Soal Bahasa Inggris yang Baik: Washback Effect (2)
Menulis Soal Bahasa Inggris yang Baik: Washback Effect (unsplash/jason leung)

Mengajar bahasa Inggris itu kompleksitasnya tinggi. Tidak cuma harus menguasai 4 skills dengan metode dan strategi yang berbeda tetapi juga harus menjaminkan kenyamanan di kelas dan "fun learning" yang berkelas. 

Proses mengajar diawali dengan apersepsi dilanjutkan dengan ragam proses dalam bermacam-macam cara mengajar dan diakhiri dengan kesimpulan dan penugasan. 

Assesmen bisa dilakukan pada saat proses dan evaluasi dilakukan setelahnya. Yang menjadi pertanyaan adalah adakah assesmen dan evaluasi itu berhubungan mempunyai washback yang positif? Apakah Washback effect itu?

Washback adalah dampak yang terjadi setelah diadakan tes baik pada pengajaran maupun pada proses pembelajaran. Washback bisa positif maupun negatif tergantung pada kualitas tes. 

Washback yang positif terukur dari 4 hal yaitu tujuan pembalajaran, keaslian tes, otonomi peserta didik dalam penilaian diri dan umpan balik yang diberikan ( Bailey, 1996 ). Bachman ( 1990 )  menambahkan bahwa Wasback positif terjadi bilamana assesmen yang digunakan merefleksikan skill dan konten yang diajarkan di kelas. 

Baca juga : Ternyata Ini Alasan Anak-anak Merasa Tertekan Belajar Bahasa Inggris, Sangat di Luar Dugaan

Terkait penulisan soal bahasa Inggris sebagai salah satu bentuk assesmen di kelas maka diperlukan serangkaian kriteria yang harus dipenuhi seperti di bawah ini. Tentukan kisi - kisi dengan cara pilih KD, tentukan materi dan rumuskan indikator soal. 

Lanjutkan pada pendalaman materi, pilih materi yang harus dikuasai peserta didik dan berkorelasi dengan mapel lain dan applicable dalam kehidupan sehari-hari. Kalau di SMK kami menyebutnya ESP ( English for Specific Purpose ). Materi yang disesuaikan dengan jurusan peserta didik di SMK nya.

www.pinterest.com/martyvickyfamily
www.pinterest.com/martyvickyfamily
Selanjutnya pilih level kognitifnya, cari Kata Kerja Operasionalnya, tentukan level kesukaran soal dan mulailah menulis soal. Jangan lupa sematkan sumber teks bila mengambil dari suatu referensi. Pastikan komposisi kurva normal kita berlakukan. Hal ini menjadi 30 % soal mudah, 40 soal sedang dan 30 % soal suk

Untuk soal bahasa Inggris bisa berbentuk Pilihan Ganda maupun Essay. Pilihan Ganda bisa berbentuk Picture/ gambar yang disajikan dalam 4 pilihan jawaban. Soal ini bisa dibawa ke area Listening. Berikutnya adalah Question dan Response. Disajikan sebuah pertanyaan dan jawaban disediakan dalam 3 opsi. Pertanyaan diperdengarkan saja. Tipe yang lain adalah Short Conversation

Baca juga : 10 Kata Pengganti Kosa Kata "Calm Down" (Tenang) dalam Bahasa Inggris

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x