Mohon tunggu...
Aan NurjanahSPd
Aan NurjanahSPd Mohon Tunggu... Guru dan ibu rumah tangga yang bercita-cita ingin menjadi penulis berbagai topik.

Aan Nurjanah, S.Pd adalah seorang guru Bahasa Inggris di SMPN 218 Jakarta. Ia mempunyai hobi membaca, wisata, dan menulis. Selama pandemik mengikuti berbagai grup untuk belajar kepenulisan berbagai genre.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Memahami Teks Prosedur (Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Ganjil)

30 Juni 2021   19:21 Diperbarui: 4 Juli 2021   17:28 146 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Teks Prosedur (Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Ganjil)
diambil dari buku Think Globally Act Locally (kelas 9)

Di dalam kehidupan ini, banyak hal yang dapat terlaksana dengan baik karena sudah dilakukan sesuai dengan langkah yang tepat. Dalam materi kelas 9 SMP, kita akan belajar tentang Procedure text (teks Prosedur). Di masa pandemik ini, siswa belajar daring dan tetap berada di rumah. 

Oleh sebab itu, siswa dapat belajar teks prosedur yang berhubungan dengan prokes, misalnya bagaimana memakai masker, bagaimana mencuci tangan. Untuk mengoperasikan alat, siswa dapat diarahkan untuk memahami teks prosedur yang berhubungan dengan pekerjaan rumah tangga, seperti bagaimana mengoperasikan mesin cuci, bagaimana membersihkan kulkas, bagaimana memanaskan makanan dengan microwave. Jadi siswa bisa langsung mempraktekkannya di rumah dengan pengawasan orang tua.

DEFINITON (DEFINISI)

"Procedure text is a piece of text that give us instructions for doing something through a sequence of actions or steps ." (Teks prosedur adalah sebuah teks yang memberikan kita perintah atau instruksi untuk melakukan sesuatu melalui urutan tindakan atau langkah-langkah). Instruksi ini tidak hanya untuk membuat makanan atau minuman tetapi bisa juga untuk mengoperasikan peralatan.

SOCIAL PURPOSE (TUJUAN SOSIAL) 

"The social purpose of procedure text is to show how something is done through sequence of steps." (Tujuan teks prosedur adalah untuk menunjukkan bahwa sesuatu dilakukan melalui serangkaian langkah yang berurutan). Jadi dengan melakukan sesuai langkah, diharapkan kita bisa mendapatkan hasil terbaik juga untuk menghindari kecelakaan, bencana, ataupun pemborosan.  

GENERIC STRUCTURE (STRUKTUR GENERIK)

Ada 3 komponen dari struktur generik yaitu :

1. Goal / title (judul) --> What we are going to make or to operate.

Contoh : How to make an ice cream; How to make fried rice; How to connect a wireless mouse; How to wear a mask.

2. Materials / ingredients (bahan-bahan) dan equipment (peralatan) --> What we need in the process.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN