Mohon tunggu...
Agus Nadi
Agus Nadi Mohon Tunggu... Pembelajar HR & SocioPreneur

Menebar Manfaat

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Pendidikan Lingkungan Bersama Pilus Garuda

1 April 2016   08:14 Diperbarui: 2 April 2016   06:16 142 0 0 Mohon Tunggu...

 

Kesadaran mengenai lingkungan merupakan aspek dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang. Manusia sebagai makhluk yang paling tinggi dalam ekosistemnya, memiliki daya kreasi dan konsumsi sumber daya alam untuk pemenuhan hidupnya. Namun, manusia juga memiliki andil terhadap perubahan iklim yang semakin panas, , bencana banjir, terjadinya polusi dan wabah penyakit , sehingga perlu adanya kesadaran dari masyarakat untuk mencegah peningkatan kerusakan lingkungan ini. Salah satu hal yang paling sederhana adalah dengan penerapan konsep 3R (reduce, reuse, recycle) .


Melihat pentingnya hal tersebut, Pilus Garuda, salah satu produk GarudaFood, mengadakan Program Sahabat Inspirasiku dengan tema Kesadaran Lingkungan di SDN 12 Kebayoran Lama, Jakarta (30/3). Dalam kesempatan tersebut, Relawan internal GarudaFood berkesempatan untuk sharing mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar dengan cara yang paling sederhana yakni membuang sampah pada tempatnya serta edukasi mengenai konsep 3R (reduce, reuse, recycle) dalam kehidupan sehari-hari kemudian dilanjutkan dengan permainan edutainment yakni EcoFunonopoly berbasis lingkungan. Sesi kedua dilanjutkan mengenai pengenalan profesi dunia industri dan workshop teknik menganyam menggunakan sisa kemasan Pilus Garuda bersama komunitas Topi Bambu.


 Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Pilus Garuda terhadap pentingnya memupuk rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan sedini mungkin kepada siswa. Pilus Garuda meyakini bahwa setiap anak memiliki cara tersendiri dalam menginterpretasikan dan beradaptasi dengan lingkungannya. Melalui program ini, diharapkan siswa akan belajar dari hal – hal yang konkrit, yang dapat dilihat, didengar , diraba, dan diotak atik, dengan titik penekanan pada pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Pemanfaatan lingkungan akan menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih bermakna dan bernilai, sebab siswa dihadapkan dengan peristiwa dan keadaan yang sebenarnya, sehingga lebih nyata, lebih faktual, lebih bermakna, dan kebenarannya lebih dapat dipertanggungjawabkan.


GarudaFood adalah sebuah perusahaan industri makanan dan minuman terkemuka di Indonesia yang telah memimpin pasar pada berbagai kategori, antara lain: merek Garuda untuk kategori kacang, Okky untuk kategori minuman berbasis jelly, Mountea untuk kategori minuman berbasis teh dan Chocolatos untuk kategori wafer stick premium. GarudaFood Group juga mulai diperhitungkan di kategori biskuit dengan merek Gery dan makanan ringan dengan merek Leo.  

Untuk pasar global, GarudaFood Group memfokuskan bisnisnya di Negara ASEAN yang merupakan bagian dari rencana jangka panjang untuk menjadi pemain Regional. GarudaFood juga bekerja sama dengan Suntory Beverage & Food di bidang bisnis minuman non-alcohol dan mendirikan perusahaan joint venture dengan nama Suntory Garuda Beverage, dengan merek Mytea di kategori minuman teh dalam kemasan botol.

 

Ilustrasi: Dokpri

 

 

 

VIDEO PILIHAN