Mohon tunggu...
Agus Oloan
Agus Oloan Mohon Tunggu... Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Pengajar yang masih perlu Belajar...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Perilaku Cerdas Hadapi Ketidakpastian Global akibat Covid-19

6 April 2020   20:12 Diperbarui: 7 April 2020   18:15 745 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perilaku Cerdas Hadapi Ketidakpastian Global akibat Covid-19
Tidak Menimbun Stok, Tidak Menarik Tabungan, Tidak Mengganggu Investasi, Hidup Hemat, Cara Cerdas Hadapi Ketidakpastian Akibat Covid-19. Foto: Dokpri

Sejak kasus pertama tanggal 2 Maret 2020, dimana di Indonesia ditemukan dua kasus Coronavirus Disease, tanggal 11 Maret 2020.

Beberapa saat setelah WHO mengumumkan status Covid-19 menjadi pandemi, yaitu tersebarnya virus sampai ke berbagai negara, dan menimbulkan wabah di negara tersebut, maka Presiden Jokowi langsung menghimbau pencegahan Covid-19 dengan melakukan aktivitas di rumah, termasuk bekerja, belajar dan beribadah.

Wabah pandemi Covid-19 telah merubah segalanya. Dampaknya sangat terasa sekali memukul Indonesia, termaskuk di berbagai bidang kehidupan kita. 

Sektor ekonomi tentunya sangat terasa akibat Covid-19, bagaimana tidak? Setidaknya beberapa bisnis tanah air yang menghasilkan devisa terpuruk oleh Corona. 

Sebut saja maskapai penerbangan kita. Bisnis penerbangan mengaku 'babak belur' akibat pandemi. Penerbangan umrah yang menjadi pasar besar bagi maskapai Garuda Indonesia harus tutup selama wabah Covid-19.

Sektor pariwisata kita juga hancur, tidak ada lagi turis yang membanjiri tempat-tempat eksotis di negeri kita, mengakibatkan bisnis hotel, restoran, tour & travel sepi, omzet menurun drastis mengakibatkan beberapa diantaranya harus tutup.

Pandemi Covid-19 telah mengingatkan kita untuk kembali harus disiplin dalam menjaga kesehatan. 

Tidak dapat dipungkiri, sifat penyebaran pandemik yang terkesan sepele namun mematikan, telah membuat kita sangat takut dan harus back to nature serta melakukan Physical Distancing dalam upaya menghindari dan memutus rantai penyebaran pandemik Covid-19 ini.

Ya, back to nature yang saya maksud, diantaranya harus berperilaku sangat disiplin dan cerdas dalam melakukan tindakan dalam keseharian kita. 

Sekecil apapun kegiatan kita, harus benar-benar memperhatikan langkah-langkah kecil namun bermanfaat untuk kesehatan pribadi kita dan orang-orang di sekitar kita.

Jika dulunya mungkin kita tidak terlalu peduli untuk berjabat tangan dengan siapapun, tidak langsung cuci tangan atau tidak menyediakan dan memanfaatkan hand sanitizer sehabis memegang sesuatu, atau tidak peduli, setelah pulang kerja langsung cium anak atau langsung rebahan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN