Mohon tunggu...
Agus Puguh Santosa
Agus Puguh Santosa Mohon Tunggu... Guru Bahasa Indonesia

Menulis adalah jalan mengenal sesama dan semesta.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Berkaca pada Keluhan Kompasianer Sejak 11 Maret

27 Maret 2021   01:21 Diperbarui: 27 Maret 2021   01:39 132 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkaca pada Keluhan Kompasianer Sejak 11 Maret
Ilustrasi Pola Pikir Manusia (Sumber:beritagar.id)

Jika menilik Kamus Besar Bahasa Indonesia, di sana kita dapati makna dari kata "keluh" yang menjadi kata dasar dari keluhan. Di sana kata keluh berarti ungkapan yang keluar karena perasaan susah (karena menderita sesuatu yang berat, kesakitan, dan sebagainya).

Keluhan yang Terbit Sejak 11 Maret

Menarik memang jika kita membaca sekaligus mencermati sederet keluhan yang disampaikan oleh beberapa Kompasianer, sejak diterbitkannya artikel berjudul "Bersama Kita Jaga Kompasiana Menjadi Rumah yang Sehat" yang terbit pada 11 Maret 2021 lalu.

Dari sejumlah artikel yang pernah tayang, ada artikel-artikel yang memang dituliskan untuk menyampaikan keluhan-keluhan mereka secara proporsional dan bertanggung jawab. Meski saya pribadi sempat mendapati artikel yang pada prinsipnya memang mengandung hate speech dan mendiskreditkan Tim Admin Kompasiana secara sepihak.

Artikel yang saya maksud di atas memakai nama akun samaran -- yang lagi-lagi hendak mewakili identitas asli si pemilik, karena akun aslinya "diblokir" oleh Kompasiana karena dinilai melanggar "Syarat dan Ketentuan" sebagai seorang Kompasianer.

Sebagai Kompasianer yang baik, sejak awal mendaftar tentu kita sudah membaca dengan cermat "Syarat dan Ketentuan Kompasiana", termasuk perihal ketentuan konten yang dijabarkan lebih lanjut ke dalam 16 poin; di mana beberapa poin dijelaskan lebih lanjut dengan tambahan pemerincian pada poin tertentu.

Sudahkah Membaca Syarat dan Ketentuan di Kompasiana?

Nah, berkaitan dengan konten yang di tempatkan ke dalam sistem Kompasiana, setiap Kompasianer yang mendaftar dianalogikan sudah membaca Syarat dan Ketentuan yang ada dengan baik; termasuk ketentuan konten yang menyertainya.

Pada poin ke-6 ketentuan konten misalnya, jelas-jelas di sana diuraikan bahwa setiap Kompasianer mengizinkan Pengelola (baca: Admin Kompasiana) untuk:

1. Menghapus sebagian atau keseluruhan Konten, pesan, foto, gambar, dan/atau komentar yang melanggar Syarat dan Ketentuan berdasarkan atau tanpa aduan Kompasianer atau pengguna internet dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Akun pemilik Konten.

2. Menempatkan Foto sebagai ilustrasi atau pelengkap Konten untuk keperluan penayangan Artikel Utama (headline).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x