Mohon tunggu...
Agung Webe
Agung Webe Mohon Tunggu... Menulis untuk belajar

Buku baru saya: KARMA YOGA | Novel baru saya: DEWA RUCI | Setiap tulisan yang saya posting akan saya edit seiring perkembangan dan perbaikan tulisan guna menambahkan hal yang kurang dari tulisan awal. 36 Buku yang sudah saya tulis dapat dilihat judul dan sinopsisnya di http://warungwebe.com

Selanjutnya

Tutup

Hukum Artikel Utama

Mantan Pramugari Benarkan Cerita Dugaan Prostitusi di Garuda Indonesia?

12 Desember 2019   17:49 Diperbarui: 12 Desember 2019   20:54 4613 17 7 Mohon Tunggu...
Mantan Pramugari Benarkan Cerita Dugaan Prostitusi di Garuda Indonesia?
ilustrasi pramugari. (sumber: travelandleisure.com via grid.id)

Judul di atas saya ambil dari sebuah media online suara.com. Saya tertarik membahas judul tersebut. Judul di atas dapat menyesatkan masyarakat yang hanya ingin tahu secara cepat dari sebuah berita.

Judul tersebut seakan membenarkan adanya prostitusi di Garuda Indonesia. Bukan dugaan lagi, karena dugaan yang dibenarkan sudah menjadi fakta. Apalagi disebutkan yang membenarkan dugaan tersebut adalah mantan Pramugari. Mantan Pramugari digunakan sebagai faktor pendukung kebenaran berita tersebut.

Sekarang marilah kita lihat apa arti prostitusi itu sendiri. Menurut KBBI, Prostitusi adalah pertukaran hubungan seksual dengan uang atau hadiah sebagai suatu transaksi perdagangan; pelacuran. Artinya di sini adalah apabila hubungan seksual yang terjadi adalah perdagangan, jual beli, maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai prostitusi.

Apabila di Garuda Indonesia terjadi kasus prostitusi (perdagangan seks) maka jelas kegiatan perdagangan seks tersebut melanggar aspek moral pekerjaan, siapapun yang melakukan itu. 

Nah, kalau yang terjadi adalah tindakan suka sama suka, apakah hal tersebut dikategorikan sebagai prostitusi? Lalu apabila kisah asmara suka sama suka terjadi antara atasan dan bawahan, apakah hal tersebut juga prostitusi?

Berdasarkan arti dari KBBI di atas, tentu saja kisah asmara suka sama suka bukanlah prostitusi. Mengapa bukan prostitusi? Karena tidak ada kegiatan perdagangan. Kisah asmara suka sama suka yang kemudian melibatkan pemberian hadiah-hadiah kepada yang disukainya, bukanlah unsur prostitusi.

Maraknya berita pribadi antara seorang direktur yang dikabarkan mempunyai kisah asmara dengan karyawannya, bisa terjadi di mana saja. Bahkan bisa juga terjadi di lingkungan perumahan, yaitu pak RT dengan tetangganya. 

dok. TV One
dok. TV One
Apakah itu melanggar hukum? Bersentuhan dengan hukum apabila istri direktur atau pak RT dalam contoh di atas melaporkan. 

Dikatakan melanggar hukum apabila pacar direktur bertindak semena-mena yang menyebabkan aturan perusahaan kacau dan terjadi miss-management. Itupun kalau masuk dalam kasus hukum, harus ada laporan dan fakta-fakta terkait yang dapat diajukan sebagai gugatan hukum.

Terlepas dari kisah asmara yang terjadi di perusahaan manapun juga, antara atasan dan bawahan, hal itu tetaplah merupakan tanggung jawab moral dan etika dalam bekerja. 

Tentu saja seorang atasan yang mempunyai tanggung jawab kepemimpinan penuh dan integritas, akan dapat menjaga tindakannya dari hal-hal yang dapat merugikan dirinya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x