Mohon tunggu...
Agung pramono
Agung pramono Mohon Tunggu... Saling berbagi Ilmu akan menambah pengetahuan dan kemajuan pada kehidupan manusia

Seorang Mahasiswa yang sedang menggeluti pendidikan Sarjana Teknik Mesin Angkatan tahun 2017 dan sekarang sedang aktif belajar di Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penurunan Mahasiswa KKN UNS di Lingkungan Tempat Tinggal Sekitar Untuk Sosialisasi COVID19

6 Juli 2020   10:13 Diperbarui: 6 Juli 2020   10:40 17 1 0 Mohon Tunggu...

Penyebaran Virus Corona pada tahun 2020 menyebabkan permasalahan yang rumit pada seluruh negara di dunia. Segala aspek kehidupan manusia telah terganggu dengan adanya wabah COVID19 yang sedang berlangsung. Wabah ini mempengaruhi kegiatan pembelajaran di semua Universitas yang ada di indonesia dengan mengubah sistem pembelajaran langsung menjadi sistem pembelajaran daring. Universitas Sebelas Maret (UNS) juga menerapkan sistem daring pada pelaksanaan pembelajarannya. Perubahan sistem Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga dilakukan, dengan sistem yang sebelumnya penempatan daerah KKN ditentukan oleh pihak UNS, sekarang penempatan Mahasiswa KKN dilakukan di lingkungan sekitar tempat tinggal mahasiswa. Hal ini diharapkan juga agar para mahasiswa dapat mensosialisasikan segala sesuatu yang berkaitan tentang virus COVID19

Agung Pramono (20) merupakan Mahasiswa dari UNS yang turut serta dalam program KKN UNS 2020. Agung melaksanakan kegiatan KKN di daerah tempat tinggalnya yaitu di Pondok Baru Permai Blok G no 9, Gentan Baki Sukoharjo. Agung tergabung dalam  Batch 2, kelompok KKN di Sukoharjo dengan kelompok 75 yang beranggotakan 20 Mahasiswa.  Dalam pelaksanaannya, 20 mahasiswa tersebut dibimbing oleh bapak Khresna Bayu Sangka, S.E., M.M., Ph.D selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) 

Selama pelaksanaan KKN di daerah asala, Agung mengakui sangat terbantu dengan dukungan dari Ketua RT setempat karena terus membantu dan ikut serta dalam pelaksanaan program kerja yang telah dibuat, Salah satu program kerja yang sangat berguna di lingkungan Blok G ini adalah dengan pemasangan spanduk MMT yang berisikan informasi tentang Covid19. Spanduk tersebut berisi tentang bermacam-macam informasi mengenai COVID19 mulai dari mengingatkan untuk selalu memakai masker ketika keluar rumah, selalu berjaga jarak, hanya keluar ketika ada keperluan dan yang lainnya.

Untuk program kerja kedua dilakukan penyemprotan disinfektan dengan melibatkan beberapa warga Blok G dan dengan Ketua RT. Penyemprotan disinfektan juga tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan tetap berjaga jarak dalam proses penyemprotannya. kegiatan KKN UNS di era COVID-19 ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. Meskipun tidak signifikan, kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh UNS semoga dapat diterima oleh masyarakat sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah saat ini demi mengurangi bahaya COVID-19. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x