Mohon tunggu...
Agung MSG
Agung MSG Mohon Tunggu... Wiraswasta - Selalu saja ada satu cara yang lebih baik, dan lebih baik lagi dengan berbagi

Hidup untuk mengasihi, menyayangi, berbagi, dan berkarya mulia. @agungmsg #haiedumain

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Strategi Menulis Skrip Video yang Efektif dan Menyenangkan

25 Januari 2023   18:03 Diperbarui: 25 Januari 2023   19:01 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Buatlah skrip video sebelum "take" and "action" |  pexels.com

Satu hal yang paling menyenangkan saat bertemu dengan orang lain, adalah berbicara tentang diri orang yang kita kenal itu. Saat bincang-bincang kemarin, saya dipertemukan dengan anak muda yang suka film dan membuat film pendek. Ini menarik, karena bagi saya dunia film adalah dunia yang baru dan banyak lintas disiplin ilmu didalamnya.

Sengaja saya arahkan untuk lebih banyak bicara tentang pekerjaan dan profesinya, juga semua hal yang menjadi minatnya sekarang ini. Karena, saat kita bisa menyentuh dirinya dan yang menjadi impiannya, maka tak jarang orang yang kita kenal akan menceritakan semua yang ia tahu dan ia alami selama ini. Kesulitan dan tantangannya, hingga "drama-drama suasana dan proses kerja", dan prospek pekerjaannya.

Ya, saat saya membuat dirinya merasa penting dan berarti, maka saya jadi banyak belajar tentang pekerjaan dan profesinya yang sedang ia geluti. Seolah semua ilmu, pengalaman dan pendapat-pendapatnya tumpah semua.

Saat itu, saya sempat bertanya padanya, bagaimana cara membuat skrip video yang efektif dan menyenangkan untuk ditonton. Saya ceritakan film-film bagus yang pernah saya tonton, dan betapa terpukaunya saya pada film itu.

Hampir 2 jam lebih ia bercerita banyak, dan saya ingat betul detailnya. Isi ringkasan dari obrolan itu, saya tulis dibawah ini. Siapa tahu ada yang tertarik dan memberi manfaat bagi yang ingin mengetahuinya lebih jauh :

Katakanlah, cerita ini sebagai sebuah "Panduan Membuat Skrip Video yang efektif dan menyenangkan untuk ditonton". Siapa tahu ada manfaatnya.

Begini ceritanya....

Pertama-tama, pastikan untuk menentukan tujuan dari video Anda. Apakah ini untuk menjelaskan produk atau layanan, meningkatkan penjualan produk, meningkatkan brand awareness, memberikan tutorial, atau hanya untuk hiburan? Tujuan ini akan menentukan jenis konten yang akan Anda buat dan bagaimana Anda akan mengirim pesan Anda.

Identifikasi platform apa yang menjadi tujuan video Anda. Skrip di IG akan berbeda dengan skrip di YouTube. Skrip monolog akan berbeda dengan dialog. Mengidentifikasi platform atau pemilihan platform sejak dini juga memberi Anda peluang untuk mengoptimalkan video Anda.

Kemudian, tetapkan target audiens Anda. Memahami audiens Anda adalah cara terbaik untuk memulai penulisan naskah Anda. Ini akan membantu Anda menentukan gaya bahasa dan tingkat kesulitan yang sesuai. Karena mengetahui audiens Anda akan mempengaruhi pilihan bahasa, nada, dan bahkan humor Anda. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa elemen yang menarik, seperti humor atau efek visual yang menakjubkan, untuk menjamin bahwa audiens Anda tetap terlibat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun