Mohon tunggu...
Agung Christanto
Agung Christanto Mohon Tunggu... Guru - guru SMA

Bimantara:Dari nol belajar Menggali dari pengalaman pribadi yang menginspirasi untuk sesama:demah

Selanjutnya

Tutup

Puisi

invokasi Cahaya Diri

14 Maret 2024   09:09 Diperbarui: 14 Maret 2024   09:13 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Oh, cahaya yang bersinar dalam diri,
Engkaulah sumber kebijaksanaan dan kekuatan.
Dalam gelapnya dunia yang terasa mengancam,
Kau memancar, memberi arah dalam kebingungan.

Invokasi ini aku lakukan dengan tulus,
Memanggilmu dari dalam keheningan batin.
Terangi jalan yang kuhadapi dengan kecerahanmu,
Hingga gelap tak lagi memiliki daya tarik yang menggoda.

Cahaya diri, kau adalah panduan dan penuntun,
Menyinari langkah-langkahku dalam setiap keputusan.
Denganmu, aku merasa tak pernah sendirian,
Karena kau selalu hadir, memelukku dalam hangatnya cahaya.

1. Cahaya Kebijaksanaan

Terangi pikiranku dengan kebijaksanaan,
Agar aku mampu membedakan yang benar dan salah.
Berikan aku pemahaman yang mendalam,
Agar aku dapat melihat dunia dengan lebih jernih.

2. Cahaya Cinta Kasih

Bukalah hatiku dengan cinta kasih,
Agar aku dapat merasakan kasih sayang untuk semua makhluk.
Berikan aku kekuatan untuk memaafkan,
Agar aku dapat hidup dengan damai dan bahagia.

3. Cahaya Keberanian

Berikan aku keberanian untuk menghadapi rintangan,
Agar aku tidak mudah menyerah dalam menghadapi kesulitan.
Berikan aku kekuatan untuk melawan rasa takut,
Agar aku dapat melangkah maju dengan penuh keyakinan.

4. Cahaya Keteguhan

Teguhkan hatiku dalam menghadapi godaan,
Agar aku tidak mudah tergoda oleh hal-hal yang bersifat duniawi.
Berikan aku kekuatan untuk tetap fokus pada tujuan,
Agar aku dapat mencapai cita-citaku dengan tekad yang kuat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun