Mohon tunggu...
Agnes Febrianti
Agnes Febrianti Mohon Tunggu... Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi

Medan, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Matematika dalam Wabah Covid-19 dengan Permodelan Matematika

14 Agustus 2020   18:55 Diperbarui: 14 Agustus 2020   19:15 94 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Matematika dalam Wabah Covid-19 dengan Permodelan Matematika
Sumber: fevtutor.com

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. 

Hallo teman teman, pada artikel kali ini saya Agnes Febrianti Matondang akan membahas tentang permodelan matematika dalam menanggulangi masalah Covid-19. 

Dibaca sampai habis ya teman teman.

Covid 19 adalah jenis Corona virus yang baru ditemukan pada akhir Desember 2019 di Wuhan, tiongkok. Yang menyebabkan penyakit menular yang sudah mulai menyebar di wilayah dunia. Orang yang terkena virus covid-19 akan mengalami berbagai gejala seperti sesak nafas, sakit tenggorokan, keringat dingin, flu, demam dan lain lain. Sebab virus covid-19 dapat menyebar secara cepat keseluruh tubuh dan langsung menyerang pada sistem saluran pernafasan.

Selain dalam bidang kesehatan penanganan wabah covid 19 juga bisa melalui ilmu matematika. Ilmu matematika berperan dalam menanggulangi wabah covid 19 melalui pemodelan matematika. Salah satu pemodelan matematika yang dapat dilakukan adalah model  stokastik yang berarti model yg berkaitan dengan peluang. Dalam masa adaptasi kebiasaan baru saat ini.virus covid 19 datang secara acak dan tidak pernah tau siapa yang akan terkena dari wabah tersebut. Baik itu pun di Indonesia sendiri maupun di seluruh dunia

Selain itu, pemodelan spatio-temporal atau pengamatan secara acak berdasarkan data yang ada juga dapat dilakukan untuk menanggulangi wabah covid 19. Data yang diambil adalah berdasarkan waktu 23 Januari hingga 9 Maret 2020 yaitu data yang terinfeksi virus Corona diseluruh dunia yang nantinya ratabrata dari data tersebut, kemudian akan dianalisa dan dihitung menggunakan distribusi stasioner dengan rantai markov. Dengan catatan bila hasilnya kurang dari rata rata maka dapat diasumsikan sedikit, sedangkan apabila diatas dapat diasumsikan banyak yang terkena wabah.  

Untuk menentukan peluang keadaan berdasarkan kejadian sebelumnya dari pengamatan banyaknya penderita yang terkena virus diamati setiap hari dengan diasumsikan konstan dengan analisis data pertama. Analisis data pertama menggunakan distribusi stasioner rantai markov, hasil dari perhitungan analisis data pertama memerlukan analisis lebih lanjut karena data yg masih diasumsikan masih konstan dan homogen, belum heterogen.

Selanjutnya, analisis data pertama bisa menjadi gambaran untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus covid-19. Maka dari itu untuk mengurangi laju penyebaran dari wabah virus Corona yang sangat cepat ini harus menjaga jarak, gunakan masker, mencuci tangan serta menerapkan hidup sehat.

Terimakasih untuk teman teman yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini...

VIDEO PILIHAN