Mohon tunggu...
Afviya Nabila
Afviya Nabila Mohon Tunggu... freelancer

masih mencari jalannya di balik layar dan papan huruf

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Dilarang Mudik Lebaran? Intip 5 Tips Rayakan Idul Fitri di Rumah

5 Mei 2021   17:20 Diperbarui: 5 Mei 2021   18:06 103 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dilarang Mudik Lebaran? Intip 5 Tips Rayakan Idul Fitri di Rumah
Ilustrasi sungkeman ketika Idul Fitri (kompas.com/shutterstock/odua images)

Suasana Lebaran Idul Fitri kali ini tampaknya masih akan serupa seperti pada tahun 2020. Di penghujung bulan Ramadhan ini pemerintah pun telah menetapkan aturan larangan mudik lebaran yang akan berlaku mulai esok hari hingga hampir 2 minggu kedepan untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia.

Menanggapi hal ini tentunya kita sebagai masyarakat hanya dapat mematuhi aturan tersebut, tidak hanya demi melindungi diri agar tidak terjangkit virus Covid-19 namun juga melindungi sanak-sekeluarga di kampung halaman yang sekiranya dapat saja tertular virus apabila kita memaksakan diri untuk mudik ke kampung halaman dan bertemu mereka disana.

Lalu bagaimana agar perayaan Hari Raya Idul Fitri Anda kali ini dapat tetap berkesan dan bermakna meskipun tanpa melakukan mudik lebaran Idul Fitri? Berikut ini 5 tips yang dapat Anda lakukan dengan keluarga kecil Anda di rumah untuk merayakan Lebaran Idul Fitri.

1. Belanja Pakaian dan Aksesoris Baru

Ilustrasi belanja online pakaian dan aksesoris baru untuk Hari Raya (kompas.com/seb_ra)
Ilustrasi belanja online pakaian dan aksesoris baru untuk Hari Raya (kompas.com/seb_ra)
Bagi Anda dan keluarga yang selalu berbelanja pakaian dan aksesoris baru sebelum lebaran tentunya masih bisa melakukan kebiasaan tersebut meskipun tanpa mudik lebaran, loh! 

Sekarang Anda dan keluarga bisa memilih dan membeli pakaian dan aksesoris baru lewat aplikasi belanja online dalam handphone Anda. Jangan salah, diskon yang diberikan merchant di situs belanja online juga tidak kalah banyak jika dibandingkan dengan berbelanja secara konvensional di pasar atau mal. Lagi-lagi kemajuan teknologi sangat membantu kita dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, ya.

2. Dekorasi Rumah

Ilustrasi dekorasi rumah untuk Hari Raya Idul Fitri (toa heftiba/unsplash)
Ilustrasi dekorasi rumah untuk Hari Raya Idul Fitri (toa heftiba/unsplash)
Tidak hanya menetapkan larangan mudik, pemerintah juga melarang masyarakat untuk melakukan Open House layaknya saling silaturahmi ke rumah para tetangga dan keluarga sekitar seperti Hari Raya biasanya. 

Meskipun begitu, Anda dan keluarga di rumah tetap bisa mendekorasi rumah ala Hari Raya, loh. Anda bisa melakukannya untuk menciptakan suasana baru di rumah. Apalagi jika belakangan ini Anda dan keluarga melakukan work from home (WFH), mendekorasi rumah bisa menjadi solusi agar di kemudian hari Anda tidak jenuh bekerja di dalam rumah setiap hari.

3. Kreasi Masakan Khas Lebaran

Opor ayam, salah satu masakan khas lebaran (kompas.com/shutterstock/amalia eka)
Opor ayam, salah satu masakan khas lebaran (kompas.com/shutterstock/amalia eka)
Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri, memasak masakan khas lebaran tentu sudah menjadi tradisi tersendiri. Keberadaan pandemi Covid-19 tidaklah menjadi hambatan bagi Anda untuk berkreasi dalam memasak makanan khas lebaran. 

Selama Anda memiliki bahan makanan dan dapur, Anda sudah bisa memulai eksperimen Anda. Bahan makanan pun kini bisa diperoleh dengan mudah. Jika ingin membatasi diri untuk keluar rumah, memesan bahan makanan melalui posenl pintar Anda  bisa jadi pilihan.

Dan tenang saja, meskipun opor ayam Anda tidak bisa dinikmati keluarga besar seperti ketika Anda mudik lebaran Idul Fitri sebelumnya, Anda masih bisa menikmatinya bersama keluarga dirumah atau bahkan berbagi dengan tetangga di sekitar rumah Anda.

4. Rencanakan Video Call Bersama Sanak Keluarga

Ilustrasi video call dengan sanak keluarga (dylan ferreira/unsplash)
Ilustrasi video call dengan sanak keluarga (dylan ferreira/unsplash)
Mungkin ada beberapa dari Anda yang berpikir "Untuk apa belanja pakaian jika hanya dirumah saja, toh tidak ada yang melihat, kan."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN