Mohon tunggu...
Afsal Unnisa Rachman
Afsal Unnisa Rachman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa UB Ubah Binahong Menjadi Plester Sariawan

5 Agustus 2021   09:00 Diperbarui: 5 Agustus 2021   09:02 69 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UB Ubah Binahong Menjadi Plester Sariawan
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sebanyak 8% dari total masyarakat Indonesia pernah mengalami sariawan berulang minimal empat kali. Meskipun termasuk dalam penyakit ringan dan mudah disembuhkan, gejala yang timbul seperti rasa terbakar, gatal, nyeri saat makan dan minum tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Sebuah inovasi dibutuhkan obat sariawan yang aman tanpa efek samping dan nyaman saat diaplikasikan di dalam mulut.

Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) meneliti daun binahong menjadi plester untuk mengobati sariawan. 

Salah satu perwakilan tim, Lisa menjelaskan bahwa tanaman binahong memiliki banyak khasiat yang berguna sebagai antiradang, antibakteri, dan mampu mempercepat penyembuhan luka.

"Ide kami mempertimbangkan pengobatan sariawan yang saat ini menggunakan obat berbentuk pasta atau gel yang mudah hilang jika terkena pergerakan dari mulut. 

Untuk itu, kami meneliti obat berupa patch atau plester untuk sariawan dari daun Binahong yang dapat mengurangi ketidaknyamanan saat seseorang menderita sariawan," katanya.

Dania menambahkan keunggulan dari plester sariawan ini terletak pada durasinya yang lebih lama saat menempel pada sariawan dibandingkan dengan obat gel, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan, meningkatkan kenyamanan, serta mengurangi rasa nyeri. Plester ini juga diformulasikan khusus untuk menyesuaikan dengan lingkungan rongga mulut.

Penemuan ini digagas oleh Lisa Oktaviona S., Dania Tamimmi, Renita Rahma C.N., Nabila Hardina R. dan Afsal Unnisa R. Mereka tergabung dalam kelompok pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Eksakta (PKM-RE) 2021 dibawah bimbingan Dr. Yuanita Lely Rachmawati, drg., M.Kes.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN