Mohon tunggu...
Afni Handayani
Afni Handayani Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswi Tasawuf dan Psikoterapi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Pembelajar Sepanjang Hayat

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

BTS dan Anakku

27 Mei 2020   01:03 Diperbarui: 27 Mei 2020   01:14 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Terbersit ketika membaca kata "anakku" mungkin akan terbayang seorang gadis remaja yang sedang mengikuti update tren kekinian. Kpop salah satunya. Bukan, anakku bukan seorang gadis remaja. Dia seorang laki-laki berusia 10 tahun. Iya bener 10 tahun. 

Sekarang ini dia sedang menggandrungi musik ala negeri ginseng ini, salah satu yang jadi favoritnya adalah BTS. Bahkan saya sendiri tidak tahu menahu tentang boyband ini. 

Dia suka menyanyikan lagu-lagunya walaupun tidak sefasih bahasa korea dalam lagu tersebut, mengikuti gerakannya. Mungkin ada beberapa pertanyaan mampir, kok boleh sih anak usia segitu menggandrungi musik dewasa. Bagus banget pertanyaannya. 

Jadi, anakku ini ikut program homeschooling sejak usia 8 tahun, kebetulan dia minat sekali dengan dunia seni. Sejak tidak lagi bersekolah reguler, di rumah dia mulai belajar pianika, ukulele, gendang dan mendengarkan banyak jenis musik. Dari Alan Walker, Michael Jackson, Maher Zain, Sabyan sampai yang sekarang ini adalah BTS. 

Saya memberikan kebebasan untuk dia mengeksplorasi apa yang ingin dilakukannya. Mau tidak mau dan suka tidak suka, saya pun harus belajar tentang apa yang sedang digandrunginya. 

Minimal saya tahu lagu-lagu apa saja yang memang sering dinyanyikan. Jadi bisa ikut mendampingi ketika dia bernyanyi walaupun sekedar bersenandung. 

Ada banyak yang hal yang saya dapatkan dalam perjalanan eksplorasi musiknya ini, di antaranya: 

Pengetahuan

Dengan adanya anak saya eksplorasi "menjelajah" berbagai jenis musik, saya jadi tahu beberapa judul lagu yang dibawakan para penyanyi tersebut. Kemudian saya juga membekali diri saya dengan informasi dari masing-masing penyanyi tersebut. 

Siapa sih Alan Walker, atau nama anggota BTS itu siapa aja sih. Mempelajari tentang negaranya, kebudayaannya, apapun tentang ciri khas negara tersebut. Terutama nih, bahasanya. Karena dalam setiap lirik lagu, kan pake bahasa asing. 

Kelekatan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun