Mohon tunggu...
Afifah Zahra
Afifah Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Semester 1 UIN Jakarta

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Makna dan Penerapan Kata Partikel '-pun' yang Benar

28 November 2022   16:27 Diperbarui: 28 November 2022   16:29 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Partikel dalam bahasa Indonesia merupakan kelas kata yang hanya memiliki arti gramatikal dan tidak mempunyai arti leksikal. Partikel juga merupakan sebuah kata yang biasanya tidak dapat diinfleksikan (perubahan bentuk kata). Kesimpulannya, partikel adalah kata yang terkait dengan kata lain. 

Dalam bahasa Indonesia, partikel dibagi menjadi 5 jenis, yaitu partikel -lah, -kah, -tah, -pun, dan -per yang jika dalam segi makna partikel sama seperti kata sambung atau kata depan. Menurut KBBI, partikel -pun memiliki makna berbeda sesuai dengan konteks suatu kalimat. Kelima makna tersebut antara lain: juga atau demikian juga, meski, biar, kendati, saja, sesuatu mulai terjadi, dan menegaskan, menguatkan atau menyatakan pokok kalimat. Kata partikel -pun merupakan salah satu kata partikel yang kerap kita jumpai salah dalam penulisannya. Penulisan partikel kata -pun dapat dipisah dan digabung, sesuai dengan makna dari suatu kalimat yang ingin dituliskan. Berikut adalah penerapan kata partikel -pun yang benar berdasarkan tata letak penulisannya: 

1. Partikel -pun Yang Terpisah 

Partikel -pun yang dimaksudkan terpisah ialah ditulis terpisah dengan kata di depannya. Dalam kategori ini, partkel -pun yang dipisah ditujukan untuk yang memiliki makna meski, biar, kendati, saja, atau mulai. Contoh: 

-Kalau kamu tidak setuju, aku pun tidak. 

Dalam kalimat ini partikel -pun bermakna 'juga' yang dapat diartikan menjadi kalimat "Kalau kamu tidak setuju, aku juga tidak." 

-Datanglah kapan pun yang engkau mau, aku selalu ada di rumah. 

Dalam kalimat ini partikel -pun bermakna 'saja' yang dapat diartikan menjadi kalimat "Datanglah kapan pun yang engkau mau, aku selalu ada di rumah." 

-Sudah kaya pun tetap tak boleh angkuh. 

Dalam kalimat ini partikel -pun bermakna 'biar' yang dapat diartikan menjadi kalimat 'Biar sudah kaya tetap tak boleh angkuh." 

2. Partikel -pun Yang Bersambung 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun