Mohon tunggu...
Afifah Alifia Anggraeni
Afifah Alifia Anggraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa

Tugasku adalah duniaku

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pentingnya Celebrity Endorser bagi Dunia Bisnis Online

10 April 2021   14:34 Diperbarui: 10 April 2021   14:56 102 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Celebrity Endorser bagi Dunia Bisnis Online
Ilustrasi seorang Endorser (Sumber: pexels.com/Mikael Photos)

Di era digital yang ditandai dengan aktifnya penggunaan internet dan media sosial di masyarakat, media sosial menjadi penting sebagai saluran populer bagi pelaku bisnis untuk mengiklankan produknya. Maraknya internet dan media sosial menunjukkan peluang bisnis yang menjanjikan bagi penerapan periklanan online.

Bisnis online merupakan bisnis yang berbasis dalam jaringan yang dimana penjual dan pembelinya tidak bertemu secara langsung. Di Indonesia penawaran bisnis online semakin meningkat melihat akibat dari pandemi Covid-19 sehingga banyak masyarakat yang mencari penghasilan dari bisnis online. Bukan hanya dari pihak pelaku bisnis tetapi dari pihak konsumen pun permintaan produk dalam bentuk online sangant diminati, apalagi sekarang diberlakukan jaga jarak dan menghindari kerumunan di luar rumah. Bisnis online pun memudahkan para penjual dan pembeli dalam melakukan interaksi jual beli baik transaksi maupun dalam memperkenalkan produk atau periklanan di online. Salah satu bentuk sarana dalam bisnis online yaitu di media sosial Instagram. Instagram menjadi salah satu sarana bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produknya serta mengiklankan produk. Bentuk iklan produk yang sering digunakan dalam bisnis online di Instagram adalah dengan menggunakan jasa celebrity endorser atau biasa disebut dengan endorsement.

Celebrity endorser atau endorsement ini adalah seorang bintang film, aktor dan individu-individu terkenal yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen pada produk yang diiklankannya. Endorsement bukan hal yang asing lagi dikalangan bisnis online bahkan setiap bisnis online pasti memakai jasa endorsement untuk meningkatkan daya tarik beli konsumen terhadap produknya. Maka sangat penting endorsement bagi bisnis dunia online.

PENTINGNYA ENDORSEMENT

Penggunaan endorsement sebagai bagian dari strategi komunikasi pemasaran yang cukup umum bagi pelaku bisnis online dalam mendukung citra merek. Pelaku online pun menginvestasikan uang yang cukup besar bagi endorsement yang dapat menghasilkan kualitas pendukung seperti daya tarik, disukai, dan dapat dipercaya oleh konsumen. Konsumen percaya bahwa kualitas produk terpercaya karena seorang celebrity endorser telah menghasilkan hasil kampanye yang diinginkan. Maka dari itu terdapat beberapa kriteria celebrity endorser yang baik sebagai berikut:
1. Memiliki kredibilitas yang tinggi
2. Memiliki citra diri yang baik
3. Memiliki keahlian
4. Memiliki daya tarik

Penggunaan celebrity endorser dalam periklanan adalah tersebar luas sebanyak 20 persen dari semua iklan menggunakan beberapa jenis pendukung selebriti. Friedman dkk. (1977) menemukan bahwa selebriti adalah ditampilkan di 15 persen waktu prime-time iklan televisi. Di Amerika Serikat, itu dilaporkan bahwa sekitar 20% dari semua televise iklan menampilkan orang terkenal, dan tentang 10% dari dolar dihabiskan untuk televise iklan digunakan dalam dukungan selebriti iklan (Advertising Age, 1987; Sherman, 1985). Dengan demikian, dukungan selebriti menjadi bentuk periklanan yang lazim.

Di Indonesia, kekuatan celebrity endorser bisa dinilai sangat tepat dalam bisnis online. Selebriti dapat berhasil mengumpulkan perhatian publik, tetapi juga dapat meningkatkan volume penjualan. Misalnya, produk Garnier Light Complete menggunakan Chelsea Islan untuk mempromosikan merek mereka karena dianggap sebagai artis muda, cantik, cerdas dan berbakat maka dari itu Chelsea Islan pantas menjadi celebrity endorser dari Garnier. Produk kecantikan ini menjadi trend setelah dibintangi oleh Chelsea Islan dan menjadi ciri khas bagi merek tersebut. Popularitas dan kredibiltas Chelsea Islan dapat meningkatkan penjualan dan citra merek Garnier Light Complete. Namun bisa saja setiap informasi negatif terkait dengan selebriti bisa memiliki konsekuensi negatif untuk kampanye dukungan selebriti menjadi bagian yang sangat penting dari pemasaran struktur.

Daftar Pustaka:

Erdogan, B. Z. (1999). Celebrity endorsement: A literature review. Journal of marketing
management, 15(4), 291-314.

Astuti, R. L. M. B., & Santoso, H. P. (2016). Pengaruh Promosi Online dan Celebrity
Endorser terhadap Minat Beli Konsumen Tas Online Shop Fani House. Interaksi
Online, 5(1), 1-10.

VIDEO PILIHAN