Media merupakan salah satu bentuk alat untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar di kelas. Media pembelajaran sangat dibutuhkan dan berperan penting agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik, efektif, dan efesien.
Sebagai bentuk kontribusi dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, Adzkia Maulida (PGSD, FIPP, UNNES) dengan bimbingan dosen pengampu Aldina Eka Andriani, S.Pd., M.Pd., serta dosen pendamping lapangan Dr. Nursiwi Nugraheni, S.Si., M.Pd. melaksanakan kegiatan dengan judul "Pendampingan Guru SD dalam Penerapan Media Pembelajaran   Flipbook "SINAMA" (Sistem Pernafasan pada Manusia) untuk Meningkatkan Pedagogik Guru". Kegiatan ini merupakan bagian dari program Bhakti Akademisi yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) UNNES.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang terstruktur dan terencana. Pertemuan pertama dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2025 yaitu perizinan kepada pihak sekolah baik Kepala Sekolah (Feriadi Gunawan, S.Pd.) dan Guru Kelas V (Maya Hepicasari, S.Pd.) SD Negeri Ngaliyan 05. Kemudian untuk pertemuan kedua dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2025 berupa observasi dan wawancara secara langsung kepada Wali Kelas V SD. Pertemuan ketiga dilaksanakan pada tanggal 15 April 2025 berupa Sosialisasi media pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru dalam menyampaikan materi secara interaktif. Pertemuan keempat dilaksanakan pada tanggan 22 April 2025 berupa kegiatan pendampingan dalam pelaksanaan media pembelajaran materi sistem pencernaan pada manusia. Peserta didik terlihat lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran karena mendapatkan praktik langsung pada saat melaksanakan kuis.
"Media pembelajaran yang digunakan sudah bagus dan membuat peserta didik lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran", ujar Guru Kelas V. Salah satu peserta didik juga berkomentar, "Belajar sistem pencernaan pada manusia seru, apalagi saat memainkan kuis bisa maju ke depan sangat seru".
Secara keseluruhan, media pembelajaran yang menarik, praktis, dan interaktif sangat membantu guru kelas V dalam mengatasi kesulitan penyampaian materi sistem pencernaan manusia. Media tersebut tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran tetapi juga memperkuat pedagogik guru dengan memberikan alat bantu yang efektif dan menyenangkan bagi siswa di sekolah dasar. Dengan demikian, pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran "SINAMA" menjadi solusi strategis untuk meningkatkan pedagogik guru kelas V dalam mengajarkan sistem pencernaan manusia di sekolah dasar.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI