Mohon tunggu...
Advertorial
Advertorial Mohon Tunggu... Akun resmi Advertorial Kompasiana

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Danone Blogger Academy Kembali Cetak Blogger Melek Nutrisi, Kesehatan, dan Lingkungan

29 November 2018   22:17 Diperbarui: 22 Juli 2019   17:44 0 2 1 Mohon Tunggu...
Danone Blogger Academy Kembali Cetak Blogger Melek Nutrisi, Kesehatan, dan Lingkungan
danone-1-copy-5bfffd81aeebe15bd4174738.jpg

Setiap orang berhak untuk hidup sehat, termasuk mendapatkan asupan makanan yang cukup, rumah yang layak, kondisi kerja yang sehat, lingkungan yang bersih serta akses dalam mendapatkan layanan medis. Meski demikian, tidak semua orang menyadari bahwa kesehatan haruslah dimulai dari dirinya sendiri dengan memilih dan mengonsumsi makanan serta minuman bernutrisi, menerapkan gaya hidup sehat serta menjaga lingkungan serta menerapkan perilaku hidup bersih.

Hal tersebut yang mendasari Danone untuk membentuk visinya "One Planet One Health", untuk mengajak masyarakat untuk menerapkan hidup sehat serta berpartisipasi dalam upaya penyadaran pentingnya kesehatan melalui edukasi. Salah satu upaya edukasi ialah dengan memperbanyak literatur yang mengulas isu kesehatan, nutrisi, dan lingkungan.

Danone melihat ada ruang publik lain yang belum mendapatkan informasi yang cukup tentang kesehatan dan nutrisi. Ruang itu adalah media sosial yang belakangan menjadi arena bermain para warganet. Media sosial menjadi platform penting bagi Danone karena efektivitas penyebaran informasinya media tersebut.

Karena itulah sejak 2017, Danone bekerja sama dengan Kompasiana menyelenggarakan Danone Blogger Academy (DBA). Melibatkan 20 blogger pada setiap angkatannya, Danone mengundang puluhan nara sumber yang berprofesi sebagai dokter, ahli gizi, ahli pangan, kepenulisan, praktisi digital, dan kreator konten sebagai fasilitator akademi. Setelah 6 hari mendapatkan pelatihan dan turun lapangan, para blogger tersebut menuliskan karya tulis yang kredibel dan bermanfaat bagi masyarakat.

Tahun 2018 adalah kali kedua penyelenggaraan DBA. Rangkaian kegiatan DBA berlangsung dari September -- November 2018.

 Sebanyak 20 blogger terpilih menjadi peserta dari ribuan pendaftar lainnya. Rangkaian DBA dimulai dengan kegiatan Akademi berupa sesi pembelajaran di dalam kelas selama 3 hari berturut-turut.

Kelas Akademi Danone Blogger Academy 2018
Kelas Akademi Danone Blogger Academy 2018
Sejumlah narasumber yaitu Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Doddy Izwardy, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Rosarita Niken Widiastuti, Dosen Hidrologi dan Pengelolaan DAS Fahutan IPB Bogor Dr. Ir. Nana M Arifjaya, Msi., Guru Besar Gizi Masyarakat IPB Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS., Dokter Spesialis Anak Subspesialis Ahli Gizi Dr. Klara Yuliarti, Dokter Spesialis Gizi Medik RSCM Dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK, Editor in Chief Kompas.com Wisnu Nugroho, kreator konten Jonathan End, Meizal Rossi, dan Senior Photographer Harian Kompas Arbain Rambey menjadi fasilitator pemateri dalam sesi kelas Akademi DBA 2018.

sumber: Danone
sumber: Danone
Setelah 3 hari mendapatkan pelatihan, para blogger berkesempatan untuk turun lapangan ke beberapa daerah dan tempat binaan Danone Indonesia. Peserta berkesempatan untuk berkunjung ke Pabrik Sarihusada dan Pabrik Aqua. Setelah keliling pabrik, peserta berkunjung ke Desa Kemudo yang menjadi desa binaan Danone.

sumber; Danone
sumber; Danone
Perjalanan singkat ke Merapi Project binaan Sari Husada berupa program sosial pertanian dan peternakan terpadu.  Tak hanya itu saja, peserta juga diajak ke Bank Sampah dimana mereka belajar untuk mengolah kembali sampah-sampah yang ada di perairan sekitar mata air Aqua. Di akhir kegiatan Field Trip, para peserta menyempatkan refreshing dengan river tubing di Sungai Purun, Klaten.

Tentunya setelah kelas Akademi dan Field Trip, semakin banyak cerita seru dari para peserta yang dituliskan dalam media digital, baik berupa tulisan artikel atau foto dan video di media sosial. Masing-masing peserta pun nantinya harus membuat artikel tugas akhir yang membahas tentang gizi, kesehatan atau lingkungan.

Setiap karya tulis akhir peserta DBA akan melalui proses penjurian untuk nantinya dipilih 3 peserta terbaik Best of Danone Blogger Academy 2017 dan satu peserta Most Favourite. Setelah beberapa tahapan sudah bergulir, kini saatnya malam selebrasi kelulusan Graduation Night yang diselenggarakan di Hotel Artotel Thamrin pada Jumat (23/11/2018).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x