Advertorial
Advertorial Editor

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Menjadi Kaya dengan Cerdas melalui Investasi Saham Bersama Panin Sekuritas

2 Oktober 2017   15:37 Diperbarui: 2 Oktober 2017   16:06 2481 0 1
Menjadi Kaya dengan Cerdas melalui Investasi Saham Bersama Panin Sekuritas
Intelligent Investing. Dok.pribadi

Mungkin Anda pernah mendengar istilah kalau investasi saham itu high risk high return, hanya 10% orang yang investasi saham yang sukses sementara 90%-nya mengalami kegagalan, atau kondisi-kondisi lainnya yang membuat kita jadi takut untuk berinvestasi saham.

Melalui kegiatan Intelligent Investing bertema "Menjadi Kaya dengan Cerdas Melalui Investasi Saham" yang diadakan di Gedung Bursa Efek Indonesia, Panin Sekuritas mengajak masyarakat untuk lebih memahami produk dan layanan sektor jasa keuangan, khususnya pasar modal.

"Tren investasi di Indonesia sebenarnya sangat cerah. Sayangnya, saat ini masyarakat yang melakukan investasi saham di Indonesia tidak sampai 1%, berbeda dengan Singapura yang jumlahnya tinggi. Banyak uang yang beredar dalam pasar modal, sehingga kita bisa mengambil keuntungan dari sini", ujar Equity Sales Panin Sekuritas Zomi Wijaya saat acara berlangsung pada Jumat (29/8).

Zomi mengungkapkan lebih lanjut, bagi mereka yang ingin terjun ke pasar modal, hal pertama yang harus dilakukan adalah belajar atau mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Selanjutnya, mulailah berinvestasi di perusahaan yang dekat dengan kehidupan atau yang dikenali. Misalnya, produk makanan atau minuman sehari-hari yang dalam 5-10 tahun masih akan kita konsumsi.

Sementara itu, William Hartanto dari Equity Sales Panin Sekuritas menambahkan sebelum terjun langsung ke pasar modal, kenali dulu apa tujuan Anda dalam berkecimpung di dunia pasar modal. Apakah untuk melipatgandakan aset, penghasilan sampingan, dana persiapan pensiun, dan lainnya.

"Masyarakat Indonesia, terutama generasi muda, harus belajar membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Mana yang dibutuhkan, mana yang diinginkan. Kalau kita sudah bisa memilah mana yang kita butuhkan, pastinya kita akan bisa mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang kita inginkan. Kita jadi mengutamakan kebutuhan lebih dulu dibanding keinginan. Dengan begitu, kemampuan menabung bisa lebih tinggi, salah satunya diinvestasikan dalam bentuk saham," tambah William.

Bersamaan dengan kampanye Yuk Nabung Saham yang digaungkan Bursa Efek Indonesia (BEI), tingkat pertumbuhan masyarakat yang melakukan investasi saham semakin meningkat. Termasuk juga, generasi muda.

Panin Sekuritas sangat mendukung kegiatan investasi saham dengan menghadirkan aplikasi Panin Online Stock Trading (POST). POST menghadirkan beragam fitur dan tampilan yang bisa diunggulkan, mulai dari desain tampilan modern dan sederhana, menu yang mudah diakses, beragam fitur chartdan indikator, hingga laporan keuangan suatu perusahaan. Dengan demikian, investor bisa dengan mudah menganalisa saham karena data-data pendukung yang lengkap.

Selain itu, POST dari Panin Sekuritas bisa digunakan kapan saja, dimana saja, bisa diakses melalui beragam perangkat dengan sistem operasi android atau iOS. Sunggu sebuah pengalaman baru bagi para investor pasar modal dalam bertransaksi saham dengan aman dan nyaman.