Mohon tunggu...
Advaita Loka
Advaita Loka Mohon Tunggu... Eksistensi Kesadaran & Kebahagiaan yang Tak Berbatas (Sat Chit Ananda)

Aku tak punya NAMA dan tak punya RUPA. Aku tak pernah LAHIR dan tak pernah MATI. Aku tak pernah terikat dengan RUANG dan WAKTU. Aku adalah "DIA". Dan "DIA" adalah kamu, tapi pura-pura bukan kamu.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Ekstase Mistikal "Advaita", Maha Esa yang Tak Ada Duanya

15 Desember 2019   10:44 Diperbarui: 15 Desember 2019   22:45 302 0 0 Mohon Tunggu...
Ekstase Mistikal "Advaita", Maha Esa yang Tak Ada Duanya
sumber gambar: vocal.media

Ada suatu peristiwa aneh yang terjadi pada banyak orang di berbagai belahan bumi, yang tercatat sejak awal peradaban manusia. 

Peristiwa aneh ini menimpa orang begitu saja, secara tiba-tiba dan tanpa sebab. Seperti cegukan yang terjadi pada orang secara mendadak, dan tak bisa diperoleh dengan sengaja.

Bagi orang yang mengalami, yang dirasakan adalah sensasi aneh tapi sangat meyakinkan, menjungkirbalikkan persepsi yang kita rasakan sehari-hari, yaitu:

1. Perasaan kita sebagai "seseorang" atau "individual" atau "ego" menjadi transenden dan menghilang. Anda tak bisa membedakan diri anda dengan batu, pohon, laut, gunung, matahari, bulan, bintang, dan lain-lain.

Anda tak lagi merasa sebagai "saya ada di tubuh ini dan di luar tubuh ini bukan saya". Sebaliknya, anda merasa bahwa alam semesta seperti organ internal anda.

2. Anda merasa bahwa seluruh alam semesta bukanlah benda-benda yang terpisah satu sama lain, melainkan satu organisme hidup yang sangat harmonis. Seperti sebuah tarian agung kosmik yang sangat indah.

3. Dalam sensasi harmoni tersebut, anda merasa bahwa tak ada yang salah di alam semesta ini.  

Apapun yang telah anda lakukan, apapun yang telah orang lain lakukan -- yang ketika terjadi rasanya salah, konflik dan tidak mengenakkan -- adalah bagian dari desain yang harmonis di level transenden.

Anda merasa, pada tataran tersebut, bahwa tak ada sebutir debu pun yang salah tempat.

Sama seperti berbagai kuman di level mikro tubuh anda yang tampak chaos bahkan saling memakan satu sama lain, namun anda tak merasakannya sebagai konflik di level atasnya yakni tubuh anda. Bahkan tubuh anda sehat akibat berbagai konflik di level organisme mikro itu.

4. Pada akhirnya, anda merasakan kebahagiaan dan kedamaian yang tiada tara, tak terlukiskan dengan kata-kata. Dalam bahasa Inggris disebut "bliss", dalam bahasa Sanskrit disebut "ananda".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x