Mohon tunggu...
Adnan Abdullah
Adnan Abdullah Mohon Tunggu... Penulis - Seorang pembaca dan penulis aktif

Membaca, memikir dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ini yang Harus Dilakukan agar Tragedi Kanjuruhan Tidak Terulang

5 Oktober 2022   20:01 Diperbarui: 5 Oktober 2022   23:06 1762 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Stadion Kanjuruhan (Sumber: aboutmalang.com)

Hari Sabtu, tanggal 1 Oktober 2022 akan dikenang sebagai hari yang paling kelam dalam dunia sepakbola di Indonesia. 131 nyawa manusia melayang dalam tragedi kerusuhan sepakbola di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. 

Selain korban meninggal 131 jiwa, tercatat 306 orang terluka. Hal yang paling memilukan adalah diantara para korban, terdapat 35 anak-anak yang tidak berdosa turut meregang nyawa dalam peristiwa tersebut. 

Dunia pun dibuat terkejut dan tidak percaya, bagaimana bisa pertandingan sepakbola mengakibatkan korban jiwa sedemikian besarnya. 

Semuanya telah terjadi, kini yang terisa hanyalah penyesalan dan tangisan orang-orang yang kehilangan anggota keluarganya dan para korban luka yang terbaring lemah di rumah sakit. 

Presiden Joko Widodo telah memerintahkan agar tragedi tersebut diusut tuntas, dan untuk menindaklanjuti intruksi presiden tersebut, telah dibentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF). 

Mabes Polri juga telah melakukan pemeriksaan terhadap 18 anggotanya yang bertanggung jawab atas penggunaan gas air mata dalam peristiwa tersebut.   

Harapan kita, TGIPF yang dipimpin oleh Menko Polhukam Mahfud MD tersebut akan menemukan fakta-fakta penyebab kerusuhan dan pihak-pihak yang harus bertanggung jawab. 

Di setiap kejadian tentu ada hikmah atau pelajaran yang bisa kita petik. Semoga kejadian itu mendorong semua pihak untuk introspeksi diri, baik PSSI, penyelenggara pertandingan, kepolisian maupun para suporter. 

Tidak perlu lagi saling menyalahkan karena semua pihak berkontribusi atas terjadinya tragedi kemanusiaan tersebut. Hal yang harus dilakukan sekarang adalah melakukan evalusi dan perubahan secara komprehensif. 

Hal mendesak untuk segera dievalusi adalah infrastruktur stadion, pembatasan jumlah penonton dan waktu pertandingan, penegakan disiplin, dan pengamanan pertandingan. 

PSSI harus memastikan stadion memenuhi standar keamanan maksimum bagi pemain dan penonton sebelum memberikan izin menyelenggarakan pertandingan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan