Mohon tunggu...
Aditya Budi Prasetyo
Aditya Budi Prasetyo Mohon Tunggu... College Student

I am a college student and enjoy writing articles on various topics. Sometimes I upload the latest news on my news feed and attach a linked source if needed

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Aksi satu Keluarga melakukan pencurian terekam CCTV Masjid di Malang sudah tertangkap

23 November 2020   04:17 Diperbarui: 23 November 2020   05:27 44 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aksi satu Keluarga melakukan pencurian terekam CCTV Masjid di Malang sudah tertangkap
Satu Keluarga di Malang yang mencuri kotak amal. (Foto: dok. detikcom)

Kalau kita bicara mengenai CCTV. Apa yang terlintas di pikiran kita? Mengawasi? Mengontrol lingkungan? Penjagaan? Agar tidak kemalingan? Memperkuat keamanan rumah atau wilayah? Hanya pajangan atau hiasan saja agar terlihat keamanan wilayah atau rumahnya ketat? Atau hal lainnya. Mungkin masih ada banyak lagi pemikiran kita mengenai CCTV. Iya, CCTV secara umum mengawasi lingkungan rumah atau wilayah tertentu. Mestinya pemasangan CCTV memiliki berbagai tujuan sesuai kebutuhan pemilik atau pembeli CCTV. Sudah menjadi rahasia umum, CCTV merupakan salah satu keamanan suatu wilayah ataupun rumah.

Dalam penerapannya, CCTV ada di berbagai tempat seperti rumah, lalu lintas, Gedung pemerintahan, stasiun kereta api, terminal, mobil dan fasilitas ataupun tempat lainnya yang sekiranya diperlukan CCTV pada tempat tersebut tak terkecuali Masjid walaupun tidak semua Masjid memasangnya. Di tempat itu, terjadi pencurian baru-baru ini. Pelakunya tidak hanya 1 atau 2 orang saja tapi satu keluarga. Masjid yang seharusnya menjadi tempat suci untuk beribadah malahan untuk aksi kejahatan. Salah satunya yaitu aksi pencurian kotak amal Masjid di Malang yang terekam CCTV dan sempat viral video pencuriannya. 

Aksi tersebut dilakukan satu keluarga yang terdiri dari seorang Bapak, Ibu, dan seorang anak lakilaki. Masjid itu bernama Darul Khoirot, di Jalan KH Hasyim Asyari, Desa Banjarejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Remaja Masjid (Remas) Darul Khoirot, Suhud Arifin menjelaskan hasil rekaman CCTV dari memarkirkan motor sampai mengambil isi kotak amal serta dimasukkan ke tas yang sudah dibawa. Aksi tersebut berlangsung sekitar 10 menit dan suasana sepi menjelang adzan ashar. Kapolsek Pagelaran Iptu Sugik Hernawan menambahkan, pihaknya tengah menyelidiki aksi pencurian kotak amal yang diduga dilakukan satu keluarga itu. “Diduga pencurian itu dilakukan oleh satu keluarga berdasarkan hasil rekaman CCTV Masjid”, ujarnya. Dan menambahkan bahwa sekitar 3 juta-an uang yang dicuri pelaku dari kotak amal. 

Selain itu, pelaku juga melakukan aksi pencurian di sebuah Masjid wilayah Clumprit, yang masih berada di Kecamatan Pagelaran dan terekam CCTV. Hanya saja barang curiannya yaitu Sajadah dan mukena. Pelaku berhasil tangkap dan diamankan di kantor polisi serta menjalani pemeriksaan tak terkecuali motornya ikut dibawa kesana. Kapolres Malang AKBP Hendri Umar membenarkan soal penangkapan tersebut. “Benar, sudah diamankan. Sekarang masih proses pemeriksaan,” kata Hendri saat dimintai konfirmasi detikcom melalui pesan WhatsApp, Sabtu(21/11/2020). 

Sumber: 

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5264682/satu-keluarga-di-malang-yang-curi-kotakamal-tertangkap 

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5264018/aksi-sekeluarga-di-malang-curi-kotak-amalhingga-mukena-dan-sajadah

VIDEO PILIHAN