Mohon tunggu...
Adi Suwardi
Adi Suwardi Mohon Tunggu... Bermanfaat

I Can Be Myself and Be Grateful

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Era Transformasi Digital dan Sumber Daya Manusia

21 Mei 2019   07:50 Diperbarui: 21 Mei 2019   07:58 0 6 2 Mohon Tunggu...

PENDAHULUAN

Di zaman yang semakin berkembang ini yaitu era digital, teknologi merupakan suatu hal yang sangat penting. Dunia pada saat ini tengah menghadapi era teknologi atau biasa disebut revolusi industri 4.0. kondisi tersebut ditandai langsung dengan penggunaan mesin digital dan internet yang menyebabkan perubahan yang cepat dan signifikan terhadap segala sektor kehidupan manusia sehingga memudahkan manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan. 

Dengan segala kemudahan itulah mampu mengubah cara hidup, bekerja, dan berhubungan satu sama lain. Industry 4.0 merupakan otomasi dari pekerjaan-pekerjaan manusia yang dibantu langsung oleh teknologi sehingga pekerjaan akan lebih efisien dan efektif dikerjakan. 

Selain itu, informasi juga berperan penting dalam dunia yang semakin canggih ini. informasi akan sangat berguna karena orang yang menguasai informasilah yang akan memiliki peluang maju lebih besar dalam segala hal dibandingkan orang yang tidak memanfaatkannya. 

Pemanfaatan informasi yang optimal dapat memudahkan seseorang bahkan kelompok besar dalam meraih pikiran baru untuk melakukan pengembangan yang berguna. 

Era transformasi digital mengubah kondisi bisnis dan kondisi sosial sehingga mengharuskan perusahaan atau organisasi serta masyarakat dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar tetap relevan dan tidak ketinggalan. 

Dalam menghadapi era transformasi digital, Sumber Daya Manusia (SDM) yang melek teknologi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk menghadapi era tersebut. Selanjutnya, era revolusi industri 4.0 mengalami perubahan yang nantinya akan mengahadapi masyarakt 5.0 atau biasa disebut society 5.0. 

Terobosan teknologi yang muncul dapat membawa perubahan besar di semua industri dan disisi sosial. Cara baru menggunakan teknologi untuk mengubah perilaku dan sistem mampu menawarkan peluang beserta tantangan akan tanggung jawab untuk bekerja sama dalam mencapai masa depan yang komprehensif dan mampu menyebar secara global tentang teknologi yang merubah kehidupan kita.

REVOLUSI INDUSTRI 4.0 VS MASYARAKAT 5.0

Saat ini industri 4.0 sudah mulai diterapkan di berbagai lini kehidupan manusia. Salah satunya yaitu artificial intelegence (AI) atau kecerdasan buatan. Bukan hanya pada bidang industri saja, AI juga dikembangkan di smartphone maupun rumah-rumah masa depan untuk mempermudah kehidupan manusia. 

Jika penerapan seperti itu sudah besar-besaran digunakan oleh banyak orang, tidak hanya segelintir orang saja, maka itu akan membuat manusia lebih leluasa dalam melakukan kegiatan lain yang  ingin dicapainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4