Mohon tunggu...
adisti setyari
adisti setyari Mohon Tunggu... Mahasiswa - seorang mahasiswi

life is tough, live it tuft

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Pulang Kampung, Mahasiswa UNDIP Berikan Edukasi Mengenai Manajemen Pemasaran Syariah

27 Juli 2021   23:35 Diperbarui: 28 Juli 2021   00:05 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surakarta, Sangkrah (24/7) - KKN UNDIP TIM II Tahun 2020/2021 yang diselenggarakan pada tanggal 30 Juni sampai dengan 12 Agustus 2021 masih menggunakan sistem yang sama dengan sistem KKN tahun kemarin yaitu KKN Pulang Kampung. Hal tersebut dikarenakan adanya virus Covid-19 yang belum hilang, bahkan akhir-akhir ini justru kasus Covid-19 mengalami peningkatan dan munculnya varian baru. KKN UNDIP TIM II Tahun 2020/2021 kali ini mengusung tema "Sinergi Perguruan Tinggi Dengan Masyarakat di Masa Pandemi Codiv-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata". Program Kerja Kuliah Kerja Nyata UNDIP TIM II Tahun 2020/2021 di Sangkrah yang pertama adalah Sosialisasi Mengenai Managemen Pemasaran Syariah.

Sosialisasi merupakan proses mempelajari kebiasaan dan kultur masyarakat yang meliputi cara hidup, nilai - nilai dan norma - norma sosial yang terdapat dalam masyarakat agar seorang individu dapat diterima dan berpartisipasi aktif di dalamnya. Sosialisasi juga dapat membuat seorang individu mengenal sebuah sistem yang berlaku dalam sebuah kelompok dan menentukan tanggapan serta reaksinya terhadap sistem tersebut. Sebagai bentuk pengabdian masyarakat saya melakukan kegiatan sosialisasi tentang managemen pemasaran syariah.

Di era digital ini, banyak masyarakat melakukan bisnis secara online dan melakukan dengan manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran sendiri merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba. 

Pada zaman sekarang sedang maraknya trend tentang adanya kata syariah dan kebetulan juga sesuai dengan kondisi di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah umat muslim. Maka dari itu kita dapat mempelajari bahkan mempraktikan bagaimana manajemen pemasaran syariah ini berfungsi.

Manajemen pemasaran syariah sendiri merupakan sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan value dari suatu inisiator kepada stakeholders, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah (bisnis) dalam Islam.

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021, yang dibimbingi oleh Susatyo Nugroho Widyo Pramono, ST., MM., melakukan kegiatan sosialisasi Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta dengan menggunakan platform media sosial WhatsApp untuk menyampaikan pemberitahuan jadwal dan melakukan kegiatan sosialisasi menggunakan platform google meet. 

Mengingat bahwa saat ini sedang dilaksanakannya kegiatan PPKM dari Pemerintah Indonesia dan melihat bahwa trend kasus Covid-19 yang semakin meningkat, sehingga kegiatan KKN Tim II harus dilakukan secara daring agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan menyukseskan kegiatan PPKM yang dilakukan pemerintah.

Program Kegiatan KKN UNDIP TIM II Tahun 2020/2021 ini dapat meningkatkan pengetahuan dan mempraktikan pemasaran suatu produk secara syariah atau sesuai dengan kaidah islam secara berkelanjutan. Dan dapat menghindari kegiatan yang merugikan pembelinya.

Penulis : Prafitriadisti Milenia S (Ekonomi Islam 2018)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun