Mohon tunggu...
Adis Setiawan
Adis Setiawan Mohon Tunggu... https://www.kompasiana.com/adissetiawan21

Penulis Lepas Dan Mahasiswa Yang Selalu Gelisah

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana

Bulan Ramadan Kesempatan Mensucikan Hati, Bertaubat dari Media Sosial

17 Mei 2019   06:53 Diperbarui: 17 Mei 2019   07:06 0 1 0 Mohon Tunggu...
Bulan Ramadan Kesempatan Mensucikan Hati, Bertaubat dari Media Sosial
Foto dok. Pribadi

Tiga komponen penting yang harus ada pada diri manusia adalah menjaga hati, Lisan dan akal, Selama bulan puasa ini kita di latih untuk mengendalikan ketiga komponen itu sebetulnya tidak hanya dibulan puasa saja karena ketiga komponen itu sangat berbahaya apa bila tidak kita kendalikan dengan baik akan menjadi malapetaka di era media sosial.

Penyakit hati adalah menganggap rendah orang lain takabur, Riya', dan suka menghasud apa lagi di zaman era media sosial ini banyak yang menghasud lewat konten konten yang di sebarkan dan lain sebagainya, Apalagi saling menghasud biasanya di media sosial paling ramai konten hasudtannya itu yang isinya perbedaan pandangan politik, Perbedaan masalah Khilafiyah cabang ilmu fiqh dalam agama islam.

Penyakit lisan adalah berdusta, berkata jorok, bersilat lidah, berdebat yang tidak ada ujungnya, Mungkin dimedia sosial memang tidak di wakili oleh mulut dan perkataan langsung tapi lewat status, saling komentar yang berkata jorok dan mengandung unsur bersilat lidah untuk berdebat mempertahankan argumennya.

Penyakit akal adalah terlalu percaya diri bahwa dirinya tiada tanding merasa paling benar dengan mengumbar keintelektualnya dengan kesombongan sehingga menghilangkan akhlak karimah, Biasanya tokoh publik ada mengeluarkan perkataanya yang memang seperti dibuat untuk kepentingan politik di media sosial.

Momentum bulan ramadhan ini adalah kesempatan kita untuk bertaubat dengan berpuasa dan kembali kepada al Qur'an untuk mensucikan diri dari segala penyakit seperti diatas.

Puasa adalah untuk menggapai ketakwaan, untuk mensucikan diri dengan menjalankan perintah-Nya dan juga sebagai sarana terapi mengobati penyakit untuk kesehatan manusia, Bulan Ramadhan adalah bulan pendidikan rohani bagi kita , Melatih untuk berbuat kebaikan serta menghentikan hawa nafsu keburukan yang mengarah kepada kemaksiatan dan perbuatan dosa.
 

Untuk menyelamatkan kita dari penyakit Hati, Lisan Dan Akal al Qur'an adalah pedomanya, Sedangkan untuk menjaga kesucian ketiga komponen tersebut puasa adalah kuncinya.

WaAllahu 'Alam Bishowab

Adis Setiawan
https://m.facebook.com/setiawanadiez.waljamaah

Mahasiswa STIT Nusantara Bekasi