Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Pilih "Jadi Kaya" atau "Terlihat Kaya"?

23 Desember 2019   09:01 Diperbarui: 23 Desember 2019   13:19 6055 24 10 Mohon Tunggu...
Pilih "Jadi Kaya" atau "Terlihat Kaya"?
Michael Hartono | Sumber: economictimes via hot.grid.id/)

Seorang bapak berusia sekitar 80 tahun terlihat menyantap seporsi makanan di sebuah warung kecil. Penampilannya sangat sederhana. Ia hanya mengenakan kaos hijau berkerah.

Tidak terlihat jam tangan atau perhiasan mewah di tangannya. Makanan yang dinikmatinya pun tidak berbeda dengan makanan yang disantap oleh pengunjung lain.

Meski begitu, sewaktu seseorang memotretnya dari jauh dan mempostingnya di twitter, sesuatu yang "aneh" terjadi!

Postingan itu kemudian mendadak viral. Ada begitu banyak yang me-retweet dan mengomentarinya.

Mayoritas netizen mengapresiasi perilaku bapak tua ini. Mereka memuji bahwa biarpun telah jadi orang terkaya di Indonesia, bapak tua ini tidak gengsi makan di pinggir jalan.

Anda tentu sudah bisa menebak sosok bapak tua ini. Ia tak lain dan tak bukan adalah Michael Hartono, salah satu pemilik perusahaan rokok Djarum dan Bank BCA.

Michael Hartono (dokumentasi: gaya.tempo.co)
Michael Hartono (dokumentasi: gaya.tempo.co)
Kiprah Michael Hartono sebagai orang paling kaya di tanah air memang sudah diketahui cukup lama. Dalam peringkat Forbes, bersama saudaranya, bapak tua ini telah nyaman menduduki peringkat teratas selama 11 tahun berturut-turut.

Peringkat ini sepertinya sulit digeser oleh orang lain karena setiap tahun, kekayaannya terus bertumbuh.

Kekayaan Hartono bersaudara berasal dari berbagai sumber. Salah satunya dari kepemilikan saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Di bank ini, Michael dan saudaranya tercatat menguasai 54% kepemilikan saham. Dengan kepemilikan sebesar itu, jangan heran, kekayaan Michael sangat besar dan terus bertumbuh!

Hidup Sederhana
Kalau dilihat dari jumlah kekayaannya yang mencapai ratusan triliun rupiah, sebetulnya Michael Hartono bisa menjalani hidup dalam kemewahan. Ia dapat menyantap makanan mahal, memakai pakaian bermerek, menggunakan jam tangan berlapis emas, dan mengenakan sepatu yang harganya bikin tercengang.

Namun, anehnya, dalam keseharian, Michael justru lebih senang tampil sederhana. Dalam sejumlah foto yang ditangkap awak media, jarang sekali ia muncul dengan tampilan glamor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x