Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... "Sleeping Shareholder"

Founder of Gerairasa | "Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno Artikel Utama

Sulitnya Menemukan Nama Domain untuk Website

23 November 2016   14:48 Diperbarui: 23 November 2016   15:41 0 5 5 Mohon Tunggu...
Sulitnya Menemukan Nama Domain untuk Website
www.sindonews.com

Halo. Adi, nama domain yang lu usulin ke gue ternyata udah diambil orang lain. Baru aja bulan Juli ini diambilnya. Nanti lu coba cari nama lain deh.” Demikianlah isi chat singkat saya dengan teman saya. Kami memang tengah bekerja sama membikin sebuah website rintisan.

Untuk memulai proyek itu, kami terlebih dulu harus mencari nama domain, dan saya bertugas “mengaduk-aduk” isi tesaurus bahasa Indonesia untuk menemukan sejumlah pilihan nama yang pas untuk nama domain website yang sedang kami rancang.

Hal itu ternyata bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Walaupun sudah menggunakan tesaurus dan kamus bahasa Indonesia secara online, tetap saja, saya mengalami kesulitan untuk menemukan nama domain yang pas untuk website tersebut. Kalaupun sudah dapat nama yang dirasa pas, saya harus “gigit jari” karena nama domain itu ternyata sudah dipakai oleh orang lain.

Sebetulnya kami bisa menghubungi si pemilik domain, lalu menawar sejumlah harga supaya si empunya bersedia menyerahkan nama domainnya kepada kami. Namun demikian, kami harus merasa was-was karena bisa saja si pemilik membanderolnya dengan harga tinggi.

Bagi kami, yang memulai usaha dengan dana minim, hal itu tentunya harus dihindari. Selain menguras modal usaha, belum tentu nama domain itu menjadi daya tarik yang mampu menciptakan traffic tinggi sewaktu kami kelola nantinya.

Nama Domain seperti Judul Artikel

Bagi siapa pun yang ingin membikin website, penentuan nama domain adalah yang paling penting. Nama domain haruslah dipilih, ditimbang, dan dipikirkan secermat mungkin untuk kemajuan website yang akan dibuat kelak.

Jangan sampai kita sudah menggelontorkan banyak duit untuk menggunakan jasa pembuatan website, tetapi website yang sudah jadi malah gagal menarik banyak pengunjung lantaran nama domainnya susah dieja, atau mudah dilupakan. Semua itu tentunya akan berujung pada kerugian bagi siapa pun yang punya keinginan membuat web.

Bagi sebuah website, nama domain ibarat sebuah judul pada artikel. Agar membikin sebuah artikel yang menarik minat banyak pembaca, seorang penulis wajib memikirkan betul-betul judul untuk artikel itu. Si penulis harus memutar otak untuk memperoleh daftar judul unik, yang dapat memancing perhatian pembaca.

Semua itu perlu dilakukan agar tulisan yang sudah susah-payah dibikin tidak dianggap seperti “angin lalu” oleh para pembaca. Percuma saja kita duduk mengetik selama berjam-jam, kalau ujung-ujungnya tulisan yang kita bikin diabaikan begitu saja hanya karena judulnya enggak memikat.

Hal itu juga berlaku untuk pemilihan nama domain website. Sewaktu akan membuat sebuah web, kita kudu memikirkan nama domain yang menarik. Kalau bisa, namanya unik, enak didengar, enak dilihat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x