Mohon tunggu...
APutri Adhiba
APutri Adhiba Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Kita sebagai Mahasiswa dalam menyongsong SDGs

10 April 2019   22:34 Diperbarui: 1 Juli 2021   08:08 12979 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peran Kita sebagai Mahasiswa dalam menyongsong SDGs | Beritasatu

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu, dan salam sejahterah untuk kita semua, hallo sobat kompasiana dimanapun kalian berada, kembali lagi bersama saya A.Putri Adhiba Safira Magfirani yang kerab dipanggil Shani, dari fakultas farmasi, universitas Hasanuddin, pada artikel kali ini saya akan membahas perihal millenial menyongsong SDGS.

Nah, Sabot kompasiana ada yang tau tidak sih apa itu SDGS (Sustainable Development Goals)? untuk sobat kompasiana yang belum tau ataupun kurang paham mengenai apa sih itu SDGS (Sustainable Development Goals), mari kita bahas lebih jauh.

Pertama-pertama saya akan menjelaskan, apa itu pembangunan berkelanjutan atau dalam bahasa inggris dikenal sebagai SDGS (Sustainable Development Goals), SDGS (Sustainable Development Goals) adalah tujuan pembangunan berkelanjutan tahun 2030, kesepekatan pembangun terbaru untuk membawa perubahan-perubahan kearah pembangunan berkelanjutan berdasarkan HAM (hak asasi manusia) dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan di bidang ekonomi, sosial, lingkungan hidup maupun pendidikan.

Baca juga: Memaknai SDGs Melalui Social Business Enterprice

Adapun pengertian lain dari SDGS (Sustainable Development Goals) ialah merupakan lanjutan dari Millenium Development Goals, yang memiliki 17 (tujuh belas) tujuan untuk memberantas kemiskinan, ketimpangan sosial dan perubahan iklim.

Nah itulah pengertian dari SDGS (Sustainable Development Goals), SDGS (Sustainable Development Goals), ini dilakukan mengunakan prinsip - prinsip universal universal, dan inklusif, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan ratusan Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan telah nyepakati adopsi Sustainable Development Goals (SDG) untuk periode 2015-2030 pada 25-27 September 2015 di New York, Amerika Serikat. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ini akan segera menggantikan Millennium Development Goals (MDG), yang sudah mengubah wajah dunia dalam 15 tahun terakhir dan akan kedaluwarsa akhir tahun 2015.

Sobat kompasiana SDGS (Sustainable Development Goals), Pada 1 (satu) Januari 2016, negara-negara anggota PBB ( perserikatan bangsa -- bangsa ) telah secara resmi memberlakukan 17 (tujuh belas) Tujuan Pembangunan Global untuk Agenda 2030 pada Pembangunan Berkelanjutan, tau kah kalian? Tujuan ini merupakan kelanjutan atau pengganti dari Tujuan Pembangunan Milenium yang di tanda tangani oleh pemimpin-pemimpin dari 189 (seratus delapan puluh sembilan) negara sebagai Deklarasi Milenium di markas besar PBB (perserikatan bangsa-bangsa) pada tahun 2000 dan tidak berlaku lagi sejak akhir 2015. 

Nah Pada bulan Agustus 2015, 193 negara ini menyepakati 17 tujuan, taukah kalian sobat kompasiana, Indonesia merupakan salah satu anggota PBB (perserikatan bangsa-bangsa) yang mengimplementasikan SDGS (Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) yang mempunyai 17 tujuan dan 169 target, inilah tujuan 17 (tujuh belas)  SDGS (Sustainable Development Goals) :

Tujuan pertama ialah SDGS (Sustainable Development Goals), kemiskinan, Pemberantasan kemiskinan segala bentuk kemiskinan di semua tempat. Tujuan ke  2 SDGS (Sustainable Development Goals, kelaparan Mengakhiri atau memberantas kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan memperbaikan nutrisi. Tujuan 3 SDGS (Sustainable Development Goals), Kehidupan yang sehat dan sejahtera Menggalakkan hidup yang sehat, mendukung kesejahteraan untuk semua usia. 

Tujuan 4 SDGS (Sustainable Development Goals), Pendidikan yang berkualitas Memastikan pendidikan yang berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang, 

Tujuan ke 5 dari SDGS (Sustainable Development Goals), Kesetaraan gender Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan - perempuan. Tujuan ke 6 dari SDGS (Sustainable Development Goals), Air yang bersih dan sanitasi yang layak Menjamin aksesnya atas air dan sanitasi untuk semua orang. Tujuan ke 7 dari SDGS (Sustainable Development Goals),

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan