Mohon tunggu...
ADE SETIAWAN
ADE SETIAWAN Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Kepala Puskeswan Pandeglang

All is Well

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sosok Dokter Hewan Dibalik Call Center Puskeswan Pandeglang

15 November 2023   02:01 Diperbarui: 15 November 2023   03:17 323
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Drh. Hj. Ade Nurhasanah (Dokumentasi Pribadi)

Sosok Dokter Hewan Dibalik Call Center Puskeswan Pandeglang

Sekira tahun 2020 atau awal saya ditugaskan di Puskeswan Pandeglang, langkah taktis pertama untuk meningkatkan komunikasi informasi edukasi (KIE) layanan kesehatan hewan adalah dengan membuka layanan call center atau pusat panggilan.

Tujuannya, adalah untuk  memberikan informasi pelayanan kesehatan hewan yang dibutuhkan masyarakat, menangani pertanyaan yang diajukan, serta sebagaimedia komunikasi untuk janji temu di Puskeswan Pandeglang.

Dasarnya, SDM Kesehatan hewan yang minim (saat itu hanya seorang dokter dan seorang paramedik), jumlah kunjungan pelanggan ke Puskeswan Pandeglang yang belum optimal (pelayanan kesehatan hewan masih didominasi pelayanan aktif dan semi aktif dibandingkan pelayanan pasif), dan adanya rangkaian peristiwa Pandemi Covid-19 saat itu yang mengharuskan kita menjaga jarak secara fisik untuk melindungi diri dan menjaga orang lain dari penularan infeksi virus corona.

Awalnya, saat itu ketika kami memberikan layanan kesehatan hewan aktif dan semi aktif atau kunjungan -- luar gedung - ke lapangan, praktis pelayanan pasif - dalam Gedung Puskeswan Pandeglang - tidak terlayani. Begitupun sebaliknya, jika sedang pelayanan pasif, otomatis pelayanan aktif dan semi aktif tidak bisa dilakukan.  

Nah, setelah adanya call center layanan aktif, semi aktif dan pasif dapat diatur, sehingga secara bertahap seluruh pelayanan kesehatan hewan baik dalam gedung maupun luar gedung dapat dilayani secara seimbang.

Terlebih saat itu, sedang Pandemi Copvid-19. Namun, bukan berarti tidak bisa mengakses pelayanan kesehatan hewan. Meski ada pembatasan, penting bagi kami untuk tetap menjaga komunikasi dengan warga masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan hewan. Sehingga, komunikasi menggunakan call center menjadi pilihan penting utamanya menggunakan whatsapp.

Bagi saya call center adalah salah satu bagian penting dari pelayanan Puskeswan Pandeglang saat itu, sampai saat ini.

Namun, tahukah bahwa mengelola layanan call center tidaklah mudah. Dan tak semua orang bersedia dan secara konsisten mampu melakukan itu, mengelola call center.

Lantas, siapa sosok yang selama ini menjadi seorang call center Puskeswan Pandeglang? Kemana harus menghubungi layanan call center pelayanan kesehatan hewan? Dan apa tugas dan peran seorang call center Puskeswan Pandeglang? Yuk, lebih mengenal sosok dan kiprahnya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun