Mohon tunggu...
agus hendrawan
agus hendrawan Mohon Tunggu... Guru - Tenaga Kependidikan

Pendidikan, menulis, berita, video, film, photografi, sinematografi, alam, perjalanan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Dokter Juga Manusia

18 April 2024   20:09 Diperbarui: 18 April 2024   20:20 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi dokter dan perawat. Dokter dan perawat adalah profesi yang tidak dapat tergantikan dengan kemajuan digitalisasi.(FREEPIK) KOMPAS.com

Sebelumnya saya berterus terang bahwa saya adalah langganan dr. Psikiater, berdasarkan latar belakang tersebut saya merasa perlu menyodorkan opini tentang fenomena ternyata profesi dokter dan atau calon dokter juga dihantui depresi. 

Fenomena di mana banyak calon dokter spesialis mengalami depresi adalah sesuatu yang perlu diperhatikan dan ditangani dengan serius. Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan ini adalah termasuk tekanan akademis yang tinggi, persaingan yang ketat, beban kerja yang berat, serta ekspektasi yang tinggi dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Pendidikan kedokteran dan spesialisasi merupakan proses yang sangat menuntut, baik secara fisik maupun mental. Mahasiswa kedokteran harus menghadapi beban belajar yang tinggi, sementara calon dokter spesialis harus menanggung tanggung jawab yang lebih besar dalam hal pasien dan pengambilan keputusan medis yang kompleks.

Selain itu, stigma terhadap masalah kesehatan mental di kalangan tenaga medis juga dapat membuat sulit bagi mereka untuk mencari bantuan atau dukungan ketika mereka mengalami depresi atau stres berat.

Stigma terhadap masalah kesehatan mental di kalangan tenaga medis merupakan persepsi negatif atau stereotip yang melekat pada masalah kesehatan mental, yang dapat mencegah individu untuk mencari bantuan atau dukungan ketika mereka membutuhkannya.

Stigma ini bisa berasal dari berbagai sumber, termasuk budaya organisasi, norma sosial, dan persepsi individu.

Faktor yang menyebabkan stigma terhadap masalah kesehatan mental di kalangan tenaga medis bisa berupa:

1. Kekuatan dan Kemandirian 

Profesi medis sering kali dianggap sebagai profesi yang memerlukan kekuatan dan kemandirian yang tinggi. Sebagai hasilnya, para dokter mungkin merasa tidak nyaman untuk mengakui bahwa mereka memiliki masalah kesehatan mental karena takut dianggap sebagai lemah atau tidak kompeten.

2. Stigma Internal 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun