Mohon tunggu...
Adam Afrixal
Adam Afrixal Mohon Tunggu...

Seorang pelajar seumur hidup. Saya ingin berbagi pemikiran dan pengalaman saya lewat berbagai hal. di kompasiana saya ingin belajar menulis lebih lanjut. https://www.emoallim.blogspot.co.id

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Makna dan Hikmah Ujian Indonesia di HUT TNI-73

8 Oktober 2018   12:53 Diperbarui: 8 Oktober 2018   13:30 496 0 0 Mohon Tunggu...

Tanggal 5 oktober setiap tahunnya rakyat Indonesia memperingati hari ulang tahun TNI (Tentara Nasional Indonesia). TNI selama ini telah berjasa dalam menjalankan tugasnya demi menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). Pada peringatan tahun ini rakyat makin terbuka matanya akan peran dan hebatnya keberadaan TNI dalam menjaga rakyatnya, terutama dalam membantu penanganan bencana alam di Tanah Air.

TNI merupakan gardu pertama dan akan selalu menjadi yang pertama dan terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI dan dalam membantu masyarakat menghadapi bencana alam di NTB, di Sulawesi Tengah dan di tempat lain di negara kita Indonesia. Atas jasa jasanya kita sebagai rakyat wajib untuk mengapresiasi seluruh jajaran TNI yang dengan tulus bekerja demi masyarakat Indonesia yang tengah ditimpa bencana.

TNI merupakan milik nasional dan tidak dimiliki segelintir golongan dan terkotak kotak oleh kepentingan tertentu. Mental para tentara kita ini dibentuk dengan disiplin dan rasa nasionalis yang sangat tinggi, dimana diantara para tentara memiliki solidaritas dan persatuan yang tidak dapat dipungkiri lagi.

Sikap solidaritas dan persatuan tanpa terkotak kotak yang ditunjukan para tentara kita ini adalah sebuah Inspirasi yang harus kita tanamkan dalam hidup sehari hari. Jangan mau terpecah pecah dan bergeraklah membantu menjaga ketentraman hidup dalam Indonesia. Mereka adalah salah satu pihak yang paling aktif membantu dan berperan dalam penanganan bencana alam.

Saya sangat memperhatikan bahwa banyak dari para tentara meski harus melalui banyak persiapan dan harus bekerja lebih menjelang peringatan HUT TNI ke -73, mereka berdiri dengan tegap dan siap membantu proses evakuasi dan pengamanan di posko pengungsian korban gempa bumi di Palu. Tidak sedikitpun mereka mengeluh harus bekerja lebih malam dan tidak beristirahat saat berjaga di posko pengungsian.

Meskipun kita tidak dapat turun berpartisipasi dalam perang, kita masih bisa menunjukan dukungan dan apresiasi kita kepada para prajurit TNI. Sebagai rakyat yang dilindungi paling tidak kita harus menjaga kerukunan serta keamanan yang mereka jaga, bukan malah merusaknya lewat hoax dan provokasi.

#StopHoax #HUTTNI73 #TNI #CintaIndonesia

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x