Mohon tunggu...
Ahmad AdabiySaputra
Ahmad AdabiySaputra Mohon Tunggu... 💞yang baca dalem ati bahagia terus yaa

📍Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ✍️20107030105

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Lifestyle : Mencoba Diet untuk Pertama Kalinya, Tapi Boleh Dicoba

6 Maret 2021   18:51 Diperbarui: 6 Maret 2021   18:59 76 7 1 Mohon Tunggu...

Kayaknya kurusan dikit ganteng deng, kayaknya kurusan dikit cantik deh, eh ini pipi kok gedean ya, eh ini perut buncit banget kayaknya, oh mai gaattt fix gendutan, contoh diatas adalah perkatan orang yang kurang bersyukur hahaha. Canda gengs, oke oke kembali ke topik nya. Mungkin, kalimat tersebut sering kalian katakan baik dalam hati ataupun langsung ketika di depan kaca kamar kalian.

Tapi tapi, namanya manusia wajar sih jika ingin terlihat ideal atau goodlooking atau apalah itu. Intinya ingin dilihat cakep di mata orang. Maka dari tiu, disini aku bakalan membahas tentang beberapa program diet yang sempat viral di Indonesia.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan, sebenernya apa sih itu diet ? Selama ini, diet selalu diibaratkan sebagai kegiatan untuk menurunkan berat badan. Padahal, diet nggak melulu soal jadi kurus. "Jadi sebenarnya ini adalah pengertian yang sudah keliru. Dalam dunia medis, yang namanya diet adalah pengaturan makan," tutur spesialis gizi klinik dari RS Siloam, dr Marya Haryono, SpGK, saat dijumpai di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (28/1/2019).

Beliau memberi contoh ringan seperti orang yang sedang memiliki gangguan fungsi liver akan diberikan diet liver, sedangkan orang yang memiliki gangguan ginjal maka diberikan diet ginjal. Jadi, diet disini berarti pengaturan makan khusus dengan kondisinya. Bahkan diet untuk menambah massa badan pun ada, seperti diet untuk menggemukan badan di program diet milik Deddy Cobuzier atau kita taunya OCD (Obessive Corbuzier's Diet)

Ketika berbicara mengenai diet. Tentunya kita tidak hanya fokus ke menaikkan berat badan atau menurunkan berat badan. Sering banget aku nonton you tube disana influencer sering banget bahkan selalu menegaskan bahwa diet adalah lifestyle atau gaya hidup jadi kalian akan menjadikan diet sebagai kebiasaan sehari-hari kalian.

Tinggal baca artikel ini, kalian bisa lah buat mencoba salah satu dari program diet yang aku cari dan tulis untuk kalian, kurang baik apa to aku tuh.

Macam-macam diet yang boleh dicoba

1. Diet Ketogenik

Diet yang pertama akan kita bahas adalah diet ketogenik gengs. Diet ketogenik atau diet keto adalah pola makan yang say no to karbohidrat. Dengan kata lain nasi putih, roti, ubi dan makanan yang tinggi karbohidrat tidak boleh nih gengs

Karena di diet ini kita membatasi asupan karbohidrat. Maka tubuh akan masuk ke dalam keadaan ketosis, yaitu menumpuknya zat sisa keton di dalam darah. Dan disisi lain tubuh akan menggunakan jaringan lemak sebagai sumber energi alternatif. Pembakaran lemak inilah yang akan menghasilkan keton dan membuat tubuh kita berada dalam kondisi ketosis.

Simpelnya gini gengs, setiap kalian makan karbohidrat, maka karbohidrat tersebut akan diubah menjadi gula oleh tubuh dan dijadikan tenaga. Jika tenaga tersebut tidak seimbang dengan kegiatan kita sehari-hari atau ternyata energi kita masih tersisa banyak tetapi aktifitas kita sudah selesai, maka energi tersebut akan diubah menjadi lemak jahat. Hal itu yang membuat kita terlihat tidak kurus. Nah, karena di diet keto ini kita cut karbohidrat dan memakan makanan yang tinggi protein maka mau tidak mau tubuh akan merubah kembali lemak menjadi tenaga dan lama-kelamaan lemak tersebut habis dan kita terihat ideal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x