Mohon tunggu...
achmad soheh
achmad soheh Mohon Tunggu... Konsultan - Professional
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Ekosistem Logistik Dalam Negeri adalah sebuah program yang bertujuan untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri yang ada di Indonesia, sehingga program ini mensinergikan 5 komponen bisnis yang ada dalam ekosistem tersebut : Kementerian ( pusat dan daerah), Perhimpunan / Asosiasi UMKM, Corporate/ Perusahaan, Perusahaan Logistik Dalam Negeri serta Pelaku bisnisnya sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Regional Comprehensive Economic Partnership & Potensi Produk Makanan Unggulan Indonesia

22 September 2022   14:20 Diperbarui: 22 September 2022   14:25 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://kemenkopukm.go.id/

Kemampuan Indonesia menjadi salah satu anggota dari RCEP dunia memang cukup memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah, karena pada akhirnya produk makanan dan minuman Indonesia cukup di kenal dan terkenal di seluruh dunia.  Kini setidaknya ada 3 makanan dari Indonesia yang menjadi favorit di kalangan negara anggota RCEP. 

 

Indonesia sebagai negara dengan keunggulan produk makanan dan minuman khasnya, pada akhirnya memang menjadi salah satu daya Tarik tersendiri bagi dunia. Tidak saja karena produk makanan dan minuman Indonesia yang memiliki cita rasa khas  nusantara. Tetapi juga karena produk makanan dan minuman Indonesia memiliki kelebihan cita rasa bumbu yang berasal dari rempah-rempah nusantara.

Kondisi itulah yang pada akhirnya membuat Indonesia sebagai salah satu anggota dalam RCEP selain tentunya negara seperti: Australia, India, China, Jepang, Korea Selatan dan Selandia Baru. Menjadikan negara-negara tersebut target ekspor untuk produk-produk makanan dan minuman Indonesia. Karena selain mereka adalah juga berada di benua yang berbeda seperti  benua Asia ( China, Jepang, Korea Selatan, India ), benua Australia ( Australia ) dan Oceania ( negara Selandia Baru ).

  

Keuntungan Indonesia Masuk Menjadi Anggota RCEP dalam Ekspor Makanan dan Minuman

 

Ada beberapa keuntungan yang secara langsung dan tidak langsung di dapat dari Indonesia dengan menjadi anggota RCEP seperti misalnya :

1. Negara-negara anggota RCEP menjadi potensi market yang cukup dominan untuk produk makanan dan minuman dalam skala  ekspor. Sehingga hal itu bisa menjadi trigger dalam peningkatan pendapatan negara dari sector produk ekspor.

2. Berdasarkan kompetensi yang ada di negara-negara anggota RCEP, terbukti bahwa industry makanan dan minuman berada pada kondisi Rising star diantara 10 Negara anggota lainnya.

3. Beberapa factor yang cukup mendukung keberadaan produk ekspor makanan dan minuman Indonesia adalah : jarak ekonomi antara negara anggota, GDP riil  per kapita dari anggota RCEP, harga ekspor yang cukup kompetitip dan yang paling penting adalah masalah keterbukaan perdagangan  bebas dan tarif ekspor dari beberapa negara tsb.

Berdasarkan kondisi itulah, maka saat ini setidaknya ada 3 produk makanan dan minuman yang menjadi produk ekspor favorit untuk Indonesia.  Seperti misalnya Produk Udang Kemasan, Kopi Instan dan Makanan serta Minuman olahannya.  Untuk produk Udang kemasan misalnya dominasi produk ini masih berada di Kawasan negara Asia, Eropa dan USA. Dengan beberapa nama negaranya seperti : Jepang, Hongkong, Tiongkok, Singapura, Malaysia, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Perancis, Jerman, Belgia, Italia dan lain-lainnya. Itulah memang  beberapa  keuntungan yang akan bisa di dapatkan Ketika Indonesia masuk dalam kategori anggota/pengurus untuk sebuah produk yang menjadi target utama ekspor di Indonesia.

  

4 Hal Penting yang Menjadikan  Produk Makanan dan Minuman Indinesia Bersaing cukup Bagus. 

 

https://kemenkopukm.go.id/
https://kemenkopukm.go.id/

Minimal ada 4 hal yang menjadi pertimbangan pelaku bisnis Ketika dirinya ingin menjadi eksportir makanan khas dari Indonesia. Dimana ke-4 jenis data dan informasi yang harus di sajikan dan menjadi daya Tarik bagi pembeli dari luar negeri : (a) Informasi yang berhubungan dengan nilai gizi dari makanan yang hendak di pasarkan, sehingga beberapa informasi yang berhubungan dengan kandungan gizi terhadap makanan yang harus di sertakan adalah tentang kandungan  lemak dari makanan tersebut, kandungan lemak total, termasuk informasi soal lemak jenuh, lemak trans, kandungan kolesterol juga termasuk kandungan yang berupa protein, karbohidrat, natrium, gola (glukosa), kalium dan multivitamin lainnya (b) Informasi yang berhubungan dengan kualitas dari produk  yang kita ekspor. Karena dari informasi soal kualitas produk itulah pembeli luar negeri akan tahu seperti apa kualitas dari produk yang bersangkutan (c) Data dan informasi yang berhubungan dengan tanggal kadaluarsa produk yang akan di kirimkan.

(d) Hal lain yang mesti menjadi perhatian bagi pelaku bisnis yang tertarik untuk bisa melakukan ekspor adalah seperti : (1) Produk yang bersangkutan harus terkait dengan barcode resmi ( ini menjadi penting mengingat semua produk yang di pasarkan dengan mekanisme ekspor akan di data menggunakan pendataan yang bersifat digital (2) Produk yang berhubungan dengan kemasan produk. Jika di mungkinkan buatlah kemasan yang menarik dan bersifat komunikatif sehingga memudahkan konsumen luar negeri menyukai kemasan produk tersebut (3) masalah desain kemasan ada baiknya harus telah di lindungi HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) (4) kondisi produk yang sebaiknya sudah memiliki label Halal, karena untuk beberapa konsumen di luar negeri yang berasal dari negara muslim sudah pasti akan memperhatikan  label halal tersebut (5)Dan yang terakhir  yang mesti menjadi perhatian pelaku bisnis UMKM yang berkeinginan  untuk bisa mengekspor  produk  makanan dan minuman adalah sudah mendapatkan ijin edar dari BPOM sesuai dengan ketentuan  yang sudah di tetapkan.

Sekadar info, beberapa hal yang telah di jelaskan diatas memang penting bagi pelaku bisnis UMKM yang ingin melebarkan marketnya ke luar negeri (ekspor). Dimana untuk tujuan ini  ABANG EXPRESS  salah satu perusahaan yang focus dalam industry logistics yang bertujuan ekspor akan berusaha membantu para pelaku bisnis UMKM yang akan melakukan ekspor produk. Itulah menariknya  market produk ekspor untuk makanan dan minuman yang saat ini saat ini cukup banyak di minati oleh masyarakat luar negeri. Dimana dengan melihat kondisi yang telah di jelaskan diatas, pada akhirnya Indonesia sebagai negara yang kayak akan keberagaman sumber daya alam dan budaya akan bisa menjadi salah satu negara  pengekspor produk makanan dan minuman  unggul yang ada di dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun