Mohon tunggu...
Emir Yunus
Emir Yunus Mohon Tunggu... Muslim; seorang anak, suami, sekaligus ayah.

Hanya seorang murid yang belajar di sekolah kehidupan; berharap lulus dengan nilai bagus.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kan'an dan Isma'il

20 September 2019   14:57 Diperbarui: 20 September 2019   15:06 0 1 0 Mohon Tunggu...

Kan'n adalah nama anak Nabi Nuh. Ketika banjir besar melanda, Nabi Nuh hendak menyelamatkan anaknya tersebut, dengan mengajaknya menaiki perahunya. Namun, Kan'n menolak, ia bersama orang-orang Kafir dari bangsanya memilih menaiki gunung untuk menghindari banjir paling besar yang pernah ada dalam sejarah dunia itu. Akhirnya, Kan'an pun tenggelam binasa.

Isma'il, putra Nabi Ibrahim, sebaliknya. Ia bukan ditawari keselamatan oleh ayahnya Ibrahim, seperti Kan'an oleh Nabi Nuh. Ibrahim malah menawari Isma'il kematian, disembelih atas perintah Allah dalam mimpi Nabi Ibrahim -mimpi seorang Nabi adalah wahyu-. Dan bukan menolak, Ismail justru menyetujuinya, ia rela mati demi Allah, atas perintah Allah. Maka, akhirnya Allah pun menyelamatkannya.

Dua kisah yang sangat bertolak belakang. Kan'n, anak durhaka, yang tidak beriman, tidak mengimani kenabian ayahnya sendiri, ditawari keselamatan, menolak, sehingga akhirnya binasa. Isma'il, anak yang berbakti, beriman, bahkan beliau sendiri adalah Nabi, dihadapkan pada kematian, ridh dengan perintah Allah, dan justru akhirnya selamatlah ia.

Maka, jadilah kita anak yang beriman dan berbakti, dan jadikanlah anak-anak kita, anak-anak yang beriman dan berbakti.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x