Mohon tunggu...
ABDURROFI ABDULLAH AZZAM
ABDURROFI ABDULLAH AZZAM Mohon Tunggu... Intelektual Muda, Cendikiawan Pandai, Dan Cinta Indonesia
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Jangan pernah lelah mencintai Indonesia dan mendukung Indonesia bersama Abdurrofi menjadikan indonesia negara superior di dunia. Email Admin : axelmanajemen@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Kita Rindu Proyek Ibu Kota Baru dan Bisnis yang Mangkrak

12 September 2020   19:19 Diperbarui: 12 September 2020   19:22 87 34 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kita Rindu Proyek Ibu Kota Baru dan Bisnis yang Mangkrak
Ilustrasi Ibukota Negara Baru tahun 2019 (instagram.com/jokowi)

Pemerintahan Presiden Jokowi tidak melaksanakan proyek Ibu Kota Baru yang semula akan mulai dikerjakan tahun ini. Bisnis yang mangkrak ini akan segara dilakukan ke 2021, sebagai akibat situasi ekonomi saat ini yang terdampak pandemi covid-19. Di sini terkadang kita rindu menjalankan proyek Ibu Kota baru untuk persembahan kepada rakyat Indonesia.

Pandemi covid-19 membangun jarak dengan proyek Ibu Kota baru di kalimantan barat lokasinya ibu kota baru akan dibangun di wilayah administratif Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada tahun 2019. Kini proyek belum mendapatkan restu pemerintahan Indonesia.

Pulau jawa memiliki jumlah penduduk tertinggi, 56,56% dari total jumlah penduduk Indonesia, sementara itu daerah-daerah lain memiliki jumlah penduduk sangat rendah. Konsentrasi penduduk padat membuat penangan covid-19 agak sulit dan terkendala.

Berdasarkan BPS, Konsentrasi  penduduk terbesar di Jakarta dan Jabodetabekpunjur namun dengan Ibu Kota Baru kalangan elit dan pejabat bisa menikmati dengan luas wilayah yang tidak terlalu padat. Penyelenggaraan pemerintahan yang terganggu karena penduduk melimpah di pulau jawa.

Penyelenggaraan pemerintahan di Ibukota Baru sangat menguntungkan karena wilayah didesain tidak rawan banjir, tanah yang tidak turun, tidak terjadi muka air laut naik, kualitas air sungai 96% belum tercemar berat, Kemacetan rendah dan sistem pengelolaan transportasi sangat baik tenaga listrik. Perlu diketahui lokasi Ibu Kota di Jakarta memiliki Kerugian ekonomi akibat kemacetan mencapai Rp 56 triliun per tahun berdasarkan PUSTRAL-UGM 2013.

Melihat kemerdekaan Amerika pada 4 Juli 1776 sedangkan Amerika Serikat melakukan pemindahan ibu kota negara pada tahun 1790. Pemindahan ibu kota ini 14 tahun pasca kemerdekaan bertujuan untuk memisahkan pusat kegiatan pemerintahan dan kegiatan bisnis.

Berbeda dengan Indonesia yang sudah 74 tahun merdeka, baru tahun 2019 Indonesia melakukan pemindahan Ibu Kota namun proyek ini terkendala  oleh pandemi covid-19. Ibu Kota Baru sebagai representasi identitas bangsa dan bisnis yang menguntungkan bagi perekonomian Indonesia.

Ibu Kota Negara yang Green, Smart, Beautiful, dan Sustainable membuat Indoneisa semakin maju. Ibu Kota Negara Inonesia juga bertujuan untuk memisahkan pusat kegiatan pemerintahan dan kegiatan bisnis seperti Amerika Serikat.

Sabar pembangunan Ibu Kota Baru menurut (abdurrofi:2020) adalah kunci pemindahan ibu kota ke lokasi baru di luar Jawa  akan memberikan dampak positif  terhadap perekonomian luar jawa. Para jajaran tim dan pihak terlibat agar tidak mengeluh disebabkan adanya penundaan proyek dan penggunaan dari sumber daya potensial yang selama ini masih belum termanfaatkan.

Indonesia akan membuat Ibu Kota Negara yang Modern dan berstandar Internasional  dengan tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif setelah masalah covid-19 teratasi pada akhir 2020. Abdurrofi menawarkan cara dalam menghadapi ujian tersebut dengan bersabar.

Kiranya kiranya rindu semakin jadi kala proyek diundur karena covid-19. Sejenak menyadari apa isi di hati sesungguhnya. Sadari segala yang pernah kita rencanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Lokasi pemindahan ibu kota baru diharapkan tidak menjadi bisnis yang mangkrak di Indonesia.

Master perencanaan dan desain urban  untuk ibu kota negara sudah dibuat dengan susah payah. Belum lagi  Pemerintah telah melakukan kajian yang mendalam soal ibu kota dari beberapa aspek. Penghormatan suatu bangsa pada karya menunjukan peradaban bangsa itu sendiri. Salam excellent kita siap menghormati pembangunan ini..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN