Mohon tunggu...
Bisnis

Bisnis Ojek Online

11 Desember 2018   23:35 Diperbarui: 11 Desember 2018   23:46 2004 1 0 Mohon Tunggu...

BISNIS OJEK ONLINE

By Abdurrofi Abdullah Azzam

            Ojek online merupakan sebuah inovasi dari sebuah sarana pengangkutan yang terintegrasi dari kemajuan teknologi. Dengan hanya memanfaatkan aplikasi pada smartphone untuk memanggil pengemudi ojek online sehingga hal ini memudahkan pengguna jasa dalam bertransportasi. 

Tidak hanya dalam hal itu, ojek online juga dapat membeli barang bahkan memesan makanan sehingga dalam masyarakay globak terutama di kota-kota besar dengan kegiatan yang sangat padat dan masalah kemacetan, ojek online hadir untuk memudahkan dalam melakukan kegiatan sehari-hari dengan memanfaatkan teknologi yang semakin maju.

Ojek online memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan ojek konvensional. Biaya perjalanan yang dibebankan kepada konsumen ojek online lebih murah dibandingkan dengan ojek konvensional. Keunggulan ini memengaruhi perkembangan ojek online di Indonesia. Hingga saat ini, perkembangan ojek online sangat pesat di Indonesia.

Ojek online juga dapat memperdayakan UMKM dan keterampilan yang tidak produktif menjadi produktif dengan menghubungkan pemilik UMKM dan pemilik keterampilan dengan konsumen yang membutuhkan. Misal, Go-Jek menyediakan jasa antar tukang urut yaitu Go-Massage dan pembantu yaitu Go-Clean sehingga keterampilan mengurut dan membersihkan rumah yang dimiliki seseorang dapat diproduktifkan. Go-Jek menyediakan jasa Go-Auto yaitu jasa antar montir sehingga bisnis bengkel atau keterampilan seseorang dalam memperbaiki kendaraan bermotor dapat diproduktifkan.

Go-jek juga menyediakan jasa Go-Med yaitu jasa antar obat dari apotik ke konsumen. Terakhir, Go-Jek dan Grab menyediakan jasa antar makanan yaitu Go-Food dan GrabFood sehingga membantu UMKM yang bergerak dibidang makanan untuk terhubung dengan pelanggannya.

Dulu, profesi tukang ojek dianggap sebagai pekerjaan yang kurang menjanjikan bagi sebagian kalangan namun, besarnya potensi bisnis disektor teknologi dan internet di area modern ini ada beberapa orang yang ingin mensejahterakan tukang ojek serta mempermudah orang untuk mendapatkan angkutan dengan mengkalkulasi biaya.

Dampak positif dari penggunaan ojek online antara lain yaitu:

  • Mempermudah masyarakat dalam menjalankan aktifitas
  • Dengan adanya ojek online, masyarakat menjadi merasa terbantu dalam menjalankan aktifitas. Seperti yang kita ketahui, biasanya sebelum adanya ojek online masyarkat masih menggunakan angkutan umum atau ojek konvensional dan itu tentu memberikan kita kendala saat mencari kendaraannya. Selain menguras tenaga, kejadian tersebut menyebabkan seseorang merasa kecewa karena telah membuang-buang waktu.
  • Bertambahnya lowongan pekerjaan
  • Setelah adanya ojek online, ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat indonesia. Terbukanya lowongan pekerjaan menjadikan masyarakat berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri menjadi kemitraan ojek online. Pendaftarannya pun tidak terlalu sulit, hanya bermodalkan kendaraan milik sendiri. Upah nya pun cukup memuaskan, tidak heran ojek konvensional merasa tersaingi.
  • Menghemat waktu
  • Seperti yang kita ketahui, selain menghemat biaya ongkos, ojek online juga dapat menghemat waktu juga. Hanya dengan memesan lewat ponsel pribadi kita, ojek online pun tiba di tempat. Tidak seperti angkutan umum yang sering menunggu penumpang hingga penuh dulu lalu langsung berangkat.
  • Kemudahan dalam pertukaran budaya internasional

Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi kini telah menjadi masa jayanya. Seperti hal nya ojek online mari kita ambil contoh seperti perusahaan ojek online seperti Grab. Grab merupakan perusahaan ojek online yang berasal dari negara Malaysia. Ini membuktikan antara Indonesia dengan Malaysia telah terjadi pertukaran budaya internasional dari segi efisiensi transportasi. Indonesia juga memiliki perusahaan ojek online juga seperti layaknya Malaysia yaitu perusahaan ojek online Go-jek.

  • Lahirnya kebudayaan baru

Dengan munculnya inovasi dari ojek online, ini menjadi suatu perubahan baru bagi kebudayaan kita sehari-hari. Seperti hal nya saat semuanya serba konvensional seseorang menjadi merasa terbebani akan suatu hal nya yang rumit. Era di mana sekarang sudah masuk budaya serba online, ini menjadi kabar baik bagi semua orang. Walaupun dibalik semua itu terdapat sisi negatifnya pula bagi kehidupan manusia.

  • Dampak negatif dari penggunaan ojek online antara lain yaitu :
  • Bentrok dengan ojek pangkalan
  • Kehadiran ojek online dianggap merebut orderan ojek pangkalan sehigga hal ini menimbulkan bentrok antara ojek online dan ojek pangkalan. Misalkan pada kasus yang terjadi di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.
  • Menambah kemacetan
  • Sejak hadirnya ojek online di indonesia menyebabkan kemacetan karena penggunaan kendaraan meningkat. Pengemudi ojek online sering menunggu penumpangnya di badan jalan sehingga menimbulkan kemacetan di sejumlah kawasan yang padat lalu lintas.
  • Mengurangi perekonomian ojek pangkalan
  • Beralihnya minat masyarakat untuk menggunakan transportasi online uang mudah dan lebih murah menyebabkan ojek pangkalan kurang peminat.
  • Menambah intensitas polusi udara
  • Dengan bertambahnya polusi udara, berpotensi menyebabkan berbagai penyakit pernapasan seperti asma dan sesak nafas.
  • Munculnya kebudayaan malas
  • Dengan adanya jasa ojek online ini, menjadikan segalanya serba instan. Semua penggunanya merasa terbantu namun ini yang menjadi timbul rasa malas untuk bergerak. Padahal, dengan aktifnya pergerakan bisa membawa manfaat diantaranya dalam kesehatan jasmani.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN