Mohon tunggu...
Abdul Ichsan Said
Abdul Ichsan Said Mohon Tunggu... “Writing is never about knowing, it is about sharing and caring”

"Memanfaatkan usia muda untuk terus berkreativitas" E-mail: abdulichsansaid@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Beradaptasi dan Memanfaatkan Platfrom Digital di Era Ekonomi yang Semakin Efisien

18 Agustus 2020   07:10 Diperbarui: 18 Agustus 2020   07:14 66 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beradaptasi dan Memanfaatkan Platfrom Digital di Era Ekonomi yang Semakin Efisien
sumber: infobanknews.com

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa teknologi yang sangat pesat perkembanagannya dari tahun ke tahun membuat berbagai aspek kebutuhan hidup manusia semakin efisien, tentunya dari segi waktu dan tenaga yang dikeluarkan oleh manusia. Era ini dinamakan industry 4.0 dimana semua kecanggihan teknologi buatan manusia diterapkan pada segala bidang. 

Pada bidang produk keuangan tentunya platform digital baik website atau aplikasi menjadi bukti dari perkembangan industry 4.0 kenapa demikian, karena hampir semua jenis dari produk keuangan perlahan mengubah segala sistemnya yang dapat dikases dari jarak jauh dan tak perlu datang ke perusahaan atau kantor jika tidak ada hal yang terlalu penting  mulai dari pembayaran, pendaftaran, dan akses lainya. 

Dengan hadirnya platform digital dari setiap produk keungan tentunya memiliki tujuan untuk membuat akses terhadap produk keuangan semakin mudah dan efisien bagi para penggunanya.

Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai produk keuangan agar kita dapat semakin paham tentang apa sih, produk keuangan itu dan apa saja jenis dari produk keuangan. Produk keuangan adalah bentuk dari baik penawaran yang diberikan oleh jasa keuangan seperti Bank, Pengadaian, Pasar Modal maupun hal yang diciptakan oleh diri kita sendiri seperti membuat rencana keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau untuk kehidupan di masa tua nanti. Jenis atau bentuk dari produk keuangan diantaranya adalah sebgai berikut:

  1. Asuransi Jiwa dan Umum ini merupakan bentuk dari produk keuangan dalam perlindungan terhadap kerugian yang terjadi baik secara fisik maupun material.
  2. Tabungan di Bank ini merupakan bentuk dari produk keuangan dalam membantu kita melakukan berbagai transaksi dengan aman dan cepat dan tentunya tempat untuk  menyimpan uang kita dengan aman baik dalam jumlah kecil dan besar.
  3. Investasi ini merupakan bentuk dari produk keuangan dalam bentuk penanaman modal atau jual beli saham dalam kepimilikan suatu perusahaan. Ini merupakan perputaran modal dan juga keuntungan yang menjanjikan, tentunya memiliki resiko yang besar jika tidak berhati-hati dalam melakukannya.
  4. Dana Pensiun ini merupakan bentuk dari produk keuangan dalam bentuk berupa tabungan untuk jaminan hari tua, biasanya dana pensiun hanya diterima oleh pegawai negeri sipil (PNS), aparatur negera, dan abdi Negara seperti TNI dan POLRI.
  5. Uang Elektronik ini merupakan bentuk dari produk keuangan dalam bentuk virtual yang perlahan menggeser penggunaan uang kartal, jenis produk keuangan satu ini telah banyak digunakan oleh setiap lapisan masyarakat lebih khususnya dikalangan anak muda atau milenial karena sangat praktis dalam melakukan berbagai macam transaksi.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat tentunya membawa perubahan yang signifikan pada perkembangan manusia dalam menjalankan aktivitas dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Masalah yang timbul adalah seberapa cepat kita dalam beradaptasi dengan teknologi yang ada. Dalam hal ini adalah menyangkut dengan platform digital yang telah digunakan oleh jasa keuangan dalam produk keuangannya. 

Ini merupakan masalah yang timbul pada habit masyarakat yang masih sulit dalam menggunakan platform digital, sehingga mendorong untuk tetap menggunakan produk keuangan dengan cara yang lama. 

Tujuan mengapa masyarakat masih mempertahankan cara yang lama untuk menggunakan produk keuangan, karena untuk menghindari terjadinya kerugian akibat kesalahan dan juga peretasan atau hacker terhadap produk keuangan yang dimiliki. Kebiasan lama ini masih digunakan pada lapisan masyarakat yang memliki pengatahuan IT yang masih lemah, sehingga menimbulkan rasa khawatir dalam diri mereka.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa jika kita menolak atau lambat dalam beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan juga perubahan zaman, tentunya kita akan sangat ketinggalan dan juga semakin sulit dalam menciptakan efisiensi dalam kehidupan kita. 

Mau tidak mau kita harus belajar dan juga beradaptasi dengan berbagai macam platform digital yang telah disediakan oleh jasa keuangan untuk produk keuangannya yang tanpa disadari sangat membantu kita dalam menggunakannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x