Mohon tunggu...
Abdulazisalka
Abdulazisalka Mohon Tunggu... Tutor - Tinggal di The Land of The Six Volcanoes . Katakan tidak pada Real Madrid.

Membacalah, Bertindaklah

Selanjutnya

Tutup

Metaverse Pilihan

"Football Manager 2021" adalah Game Football Manager Paling Istimewa

19 Desember 2020   05:17 Diperbarui: 19 Desember 2020   05:47 1786
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumen Pribadi: Tangkapan Layar dari Profil Network FM 2021

Sebagian besar orang yang fanatik terhadap sepak bola tentu tak asing dengan game Football Manager (FM). Mereka yang gemar dengan permainan simulasi sepak bola FM adalah gim yang tepat. Selain di Personal Computer (PC) Ia juga hadir di Android, iOS, dan XBOX.   

Saya penggemar game Football Manager sejak bertahun-tahun silam. Tidak pernah sekalipun melewatkannya. Permainan ini menemani hari-hari dalam mengisi waktu luang. Membuat bahagia dan sangat mengasah otak.

FM sebelumnya adalah Championship Manager (CM). Rilis permainan ini setiap tahun ditunggu-tunggu oleh jutaan penggemar setianya. Mulai dari orang tua, sampai pemuda.

Asal usul  

Berawal dari dua kakak beradik asal Inggris, Paul dan Oliver Collyer CM tercipta. Pada kamar tidur yang lembab di Shropshire, Inggris mereka mengawali gim ini. Lalu, The Collyer brothers menjadi pengembang gim (game developer) dengan mendirikan perusahaan Sports Interactive (SI).

SI bekerjasama dengan game publisher bernama Domark. Tak cukup sampai disitu, Domark bersama Simis dan Big Red Software diakusisi oleh perusahaan publik Eidos Public Limited Company dan membentuk Eidos Interactive (EI).

Nah, CM sebenarnya pertama kali diluncurkan pada tahun 1992 dengan permainan simulasi Liga Inggris. Kompetitornya kala itu Premier Manager atau The Manager lebih populer ketimbang CM. 

Penyebab CM kalah populer dengan kompetitornya adalah tidak menggunakan nama pemain sepak bola sebenarnya. Tapi pada tahun 1993 semua berubah, SI telah mengatasi permasalahan tersebut dan itu menjadi awal kesuksesan FM yang kita ketahui sampai sekarang.

Dokumen Pribadi: Tangkapan Layar dari Profil Offline CM 92
Dokumen Pribadi: Tangkapan Layar dari Profil Offline CM 92

Kisah singkat kegagalan CM dan lahirnya FM

Pada awal tahun 2000-an, CM semakin berkembang pesat. Data dari Sportskeeda, Championship Manager 4 merupakan game PC paling laris tercepat saat hari pertama rilis. Berkat itu CM 4 mencetak rekor dunia pada maret 2003.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun