Mohon tunggu...
Abdulazisalka
Abdulazisalka Mohon Tunggu... Tinggal di The Land of The Six Volcanoes . Katakan tidak pada Real Madrid.

Membacalah, Bertindaklah

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Merawat Kesadaran dengan Membaca Ebook Gratis dan Legal

13 Desember 2020   05:11 Diperbarui: 14 Desember 2020   05:29 1749 103 34 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merawat Kesadaran dengan Membaca Ebook Gratis dan Legal
Kredit foto: six-life, via pixabay

Membaca adalah kegiatan paling produktif. Tidak hanya menambah wawasan, membaca juga merawat kesadaran. Semakin sering membaca, kesadaran dan kreativitas kita akan meningkat.

Kesadaran adalah kunci memahami kehidupan. Kesadaran juga berperan besar dalam perubahan dunia. Tanpa kesadaran, rasanya sulit manusia akan mengenali dan memahami banyak hal.

Sadar dengan kebutuhan. Sadar dengan kemampuan. Sadar dengan kelebihan dan kelemahan. Serta sadar dengan berbagai macam persoalan. Itulah seharusnya manusia.

Dengan membaca, kesadaran akan terus terawat. Membaca adalah kebutuhan, bukan sekedar hobi. Dengan membaca kita bisa mengenal banyak hal dan sadar dengan realitas sosial.

Saat ini kegiatan membaca bisa jauh lebih mudah dilakukan. Jutaan ebook telah tersedia di internet. Ada yang berbayar, ada juga yang gratis.

Kita perlu tahu, bahwa yang gratis belum tentu legal. Pembajakan buku masih sering terjadi, tak terkecuali ebook ia juga menjadi sasaran empuk penjiplakan. 

Ketika kita membaca karya bajakan, secara tidak langsung kita telah melanggar Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Dalam HKI, juga tak bisa terlepas dari hak cipta yang memiliki hak moral dan hak ekonomi. 

Pembajakan sepertinya sudah menjadi budaya yang sulit untuk diatasi. Maka dari itu, jika itu gratis tapi tidak legal alangkah lebih baiknya kita tak mendukungnya. Walau ilmu dan pengetahuan seharusnya gratis seperti air susu ibu, kita tetap harus menghargai karya-karya orang lain.

Dokumen Olah Pribadi. Tentang UU Hak Cipta No.19 Tahun 2002
Dokumen Olah Pribadi. Tentang UU Hak Cipta No.19 Tahun 2002

Lalu, apa situs penyedia ebook gratis dan legal? 

1. Smashwords
Jika tertarik dengan karya sastra situs ini adalah tempat yang tepat. Banyak karya sastra dari penulis indie terpajang di Smashwords. Platform ini menyediakan banyak pilihan buku menarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN