Mohon tunggu...
Muhamad Abdi Setiawan
Muhamad Abdi Setiawan Mohon Tunggu... On S'engage Et Puis Au Voit

Terus belajar untuk menapak asa

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Arti Penting Toilet Layak di Daerah Wisata

12 Januari 2021   11:02 Diperbarui: 13 Januari 2021   22:01 292 11 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Arti Penting Toilet Layak di Daerah Wisata
Danau Toba ( Dok Pribadi)

Siapa yang tidak terpesona dengan keindahan objek wisata alam Indonesia yang memukau, keindahan ini sudah terkenal seantero negeri. Program beragam promosi wisata dilakukan untuk menggaet wisatawan mancanegara contohnya yang telah dilakukan Menteri Pariwisata 2014-2019, Arief Yahya, di mana iklan promosi Wonderful Indonesia yang menempel di beberapa public trasnportation di Inggris. 

Gencarnya promosi wisata Indonesia harusnya dibarengi dengan sarana prasarana esensial yang layak dan bersih, salah satunya adalah toilet.

Perkara toilet ini sepele tapi punya pengaruh yang besar, bisa saja atas karena toilet di destinasi wisata jorok dan tidak terwat membuat wisatawan enggan kembali untuk kembali berkunjung. 

Bayangkan saja, toilet umum saja tidak terawat dan jorok, bagaimana dengan sarana prasaraan umum yang lain? Bisa jadi lebih buruk atau bahkan tidak tersedia.

Berikut gambar toilet dan tempat solat yang saya ambil saat ke Pantai Tanjung Aan yang lokasinya tidak jauh dari kawasan Kuta Mandalika salah satu Destinasi Super Prioritas Kementerian Pariwisata RI

Toilet di Pantai Tanjung Aan ( Dok Pribadi)
Toilet di Pantai Tanjung Aan ( Dok Pribadi)

Musola di Pantai Tanjung Aan ( Dok Pribadi)
Musola di Pantai Tanjung Aan ( Dok Pribadi)

Beberapa waktu yang lalu, Presiden RI Joko Widodo melakukan perombakan dalam kabinetnya yang salah satunya mengganti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari Wishnutama digantikan oleh Sandiaga Uno

Kita ketahui bersama Sandi, sapaan Sandiaga Uno, tidak asing lagi di dunia usaha utamanya ekonomi kreatif. Sebut saja Oke Oce yang menjadi bentuk kepedulian Sandi dalam pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif.

Namun dunia pariwisata kini dihadapkan oleh Covid-19 yang belum kunjung reda, ini menjadi sebuah tantangan besar bagi menteri baru, siapapun orangnya. Mesti disiapkan strategi-strategi yang extraordinary, guna dunia pariwisata tetap menggeliat serta rancangan kedepan setelah pandemi ini berakhir. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN