Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - “Besar, ternyata ada yang lebih besar, sangat besar, terbesar, super besar, mega besar dan maha besar.”

Nama : FM Al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Mengamati dan Diamati

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Level Pedas, Level "Acak Adul"

25 Juli 2021   16:45 Diperbarui: 6 September 2021   10:50 193 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Level Pedas, Level "Acak Adul"
Sumber : Tempo.com

"Level" berasal dari bahasa Inggris yang memiliki pengertian dalam kata sifat, kata benda dan kata kerja, Tak kurang ada 32 pengertian level dalam bahasa Inggris, diantaranya : derajat, mutu, harkah, tataran, tingkatan, strata, kadar dan lain-lain.

Dalam kamus bahasa Indonesia, Level berarti tingkatan, tataran dan tingkatan dan lain-lain. Jadi hampir mirip dengan pengertian dalam bahasa Inggris.

Terkait dengan level sangat banyak penggunaannya. Bisa terkait harga (dalam fluktuasi), terkait dengan mutu (kepuasan), terkait ketinggian atau kerendahan dan sebagainya termasuk soal rasa asam, manis, asin pedas dan lain-lain.

Jadi urusan level bukan cuma urusan Cabai (cabe) yang memiliki banyak jenis cabai dan tingkatan pedasnya sesuai satuan pedas Schoville (SHU).

Artikel menyoroti tentang level pedas.

Terkait dengan pedas, dalam SHU cabe ada 11 level tingkat pedas berdasarkan zat atau senyawa alami yang dikandung dalam sebuah tumbuhan dari kadar yang terendah disebut Kapsiat hingga kadar tertinggi Reinferatoksin.

Tetapi Reinferatoksin tapi zat ini BUKAN tergolong jenis cabe. Zat ini terdapat dalam sejenis kaktus di Negeria yang mempunyai rasa pedas berskala 16 miliar SHU, sedangkan jenis zat capsaicin hanya bersakala 16 juta SHU.

Cabai adalah salah satu tumbuhan jenis sayuran yang mengandung rasa pedas. Dalam daftar SHU senyawa alami Capsaicin zat ini menempati urutan ke 9 dari 11 senyawa alami pedas di seluruh dunia pada saat ini.

Capsaicin merupakan zat berkhasiat utama dalam buah cabe (Capsicum sp). Zat ini yang memberikan rasa dan aroma pedas pada cabe.

Berdasarkan senyawa pedas alami yang terkandung di dalamnya (Capsaicin) maka cabai juga ada levelnya pedasnya dari paling rendah jenis Paprika yang tergolong tidak pedas (level 1) hingga yang paling pedas adalah jenis Trinidad Moruga Scorpion, level 11.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN