Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - “Besar, ternyata ada yang lebih besar, sangat besar, terbesar, super besar, mega besar dan maha besar.”

Nama : FM Al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Mengamati dan Diamati

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Bodyguard Hingga USGPN Bersaing Kawal Ring 1 Haiti

11 Juli 2021   13:04 Diperbarui: 12 Juli 2021   00:48 333 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bodyguard Hingga USGPN Bersaing Kawal Ring 1 Haiti
Gambar ilustrasi pasukan pengawal presiden Haiti, USGPN. Sumber :BelPolitic.com

Berbeda dengan Indonesia, Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres) Haiti berasal dari Kepolisian Nasional Haiti atau The Haitian National Police (HNP) dari beberapa unit khusus.

Hampir semua lembaga di Haiti menggunakan bahasa Prancis. Dalam bahasa Prancis Polisi Nasional Haiti disebut "Police Nationale d'Hati. Dalam akronim Prancis singkatannya PNH, kebetulan mirip dengan singkatan Indonesia (PNH).

Setelah beku beberapa tahun, Polisi Nasional Haiti (PNH) dibentuk kembali pada masa Presiden Jean-Bertrand Aristid pada 12 Juni 1995 dalam jumlah yang sederhana.

Kekuatan PNH kini lebih kurang 17.000 - 20.000 personil dan saat ini masih dipimpin Leon Charles dengan pangkat Director General (kalau di Indonesia kira-kira eselon 1A).

Kepolisian Haiti mempunyai 5 unsur pelaksana tugas pokok  (UPTP). Tapi terdiri dari 17 tugas unit spesialis, satu diantaranya paling berpengaruh adalah The General Security Unit of the National Palace (USGPN), spesialis pengamanan istana negara dan orang VVIP yang hingga artikel ini ditulis masih dipimpin oleh Dimitri Herard.

Sejak 1997 The General Security Unit of the National Palace (USGPN) mempunyai tugas pokok sebagai berikut :

  • Menjamin keselamatan dan keamanan bangunan Istana Negara
  • Memastikan keselamatan dan keamanan tempat tinggal pribadi presiden
  • Mengawal konvoi kepresidenan ketika Presiden Republik harus bepergian dengan kendaraan

Dominasi USGPN dalam kepolisian nasional Haiti bukan rahasia lagi, nyaris tidak tersentuh dalam segala hal, disegani kawan dan lawannya karena sangat powerful dan berpengaruh di Haiti.

Meskipun Haiti memiliki unit pengamanan khusus lainnya seperti The CAT team pimpinan Paul Eddy, USDG pimpinan Jean-Laguel Civil dan USP (USP) dpimpinan Pierre Osman tapi USPGN tak tergoyahkan.

Namun demikian, entah merasa curiga, kabarnya Moise lebih percaya pada pengawalan The CAT team ketimbang USPGN, tapi sangat sedikit sekali informasi tentang The CAT team sejenis kelompok bodyguard bayaran tersebut.

USGPN sangat dominan. Unit ini mengklaim dapat bergerak di semua sektor, padahal menurut beberapa informasi USGPN hanya dalam ruang lingkup Istana Presiden atau Istana negara dan mobilitas Presiden saja. Akibatnya peranan USGPN sering tumpang tindih dengan unit lain terutama USP, The CAT team, USDG dan sejenis SWAT team (GIPNH). 

Namun peristiwa pembunuhan terhadap Jovenel Moise mengungkap beberapa fakta mengejutkan, antara lain adalah prosesnya terjadi dengan cara cepat dan tidak ada satupun petugas USGPN terluka dalam insiden tersebut dan 11 orang penyerang telah berusaha sembunyi di kedutaan besar Taiwan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN