Mohon tunggu...
Ahmad Damanhuri
Ahmad Damanhuri Mohon Tunggu... Iman dan amal harus seiring

aktivis sosial kemasyarakatan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tiga Kader Jadi Anggota Dewan, Pramuka Mengajarkan Cara Jadi Pemimpin yang Baik

22 Agustus 2019   11:41 Diperbarui: 22 Agustus 2019   11:43 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tiga Kader Jadi Anggota Dewan, Pramuka Mengajarkan Cara Jadi Pemimpin yang Baik
dokpri


Padang Pariaman-- Tiga orang tokoh dan kader terbaik Pramuka Padang Pariaman berhasil menduduki posisi menjadi anggota DPRD daerah itu masa bakti 2019-2024. Ketiganya; Dewiwarman, yang saat ini menjadi Pejabatt Ketua Kwartir Cabang 0305 Gerakan Pramuka Kabupaten Padang Pariaman. Kemudian Happy Neldy, yang saat ini menjadi Wakil Ketua Kwarcab dan Aprinaldi, yang juga Wakil Ketua Kwarcab.

Ketiga kader Pramuka tersebut menjadi anggota DPRD Padang Pariaman dari Daerah Pemilihan (Dapil) yang berbeda dan partai politik yang berbeda pula. Dewiwarman maju dari Dapil III dengan kendaraan politiknya PPP. Sedangkan Happy Neldy maju dari Dapil II dengan kendaraan politiknya Partai Gerindra dan Aprinaldi maju dari Dapil IV dengan PAN.

Dari ketiga kader Pramuka tersebut hanya Aprinaldi yang baru menjadi anggota DPRD Padang Pariaman. Sementara Dewiwarman dan Happy Neldy sudah menjadi anggota DPRD pada priode 2014-2019. Dewiwarman atau yang lebih dikenal dengan Kak Dwi merupakan sosok yang sudah tidak asing lagi di lingkungan Kwartir Cabang 0305 Gerakan Pramuka Padang Pariaman. Hal itu terjadi karena kedekatannya baik secara pribadi maupun kelembagaan dengan hampir sebagian besar pengurus dan anggota Gerakan Pramuka mulai dari Gugus Depan, Kwartir Ranting, Kwartir Cabang, Satuan Karya Pramuka dan lain-lainnya.

Mulai bergabung dan berkecimpung dengan Pramuka tahun 1982 lalu ketika bersekolah di SMP Negeri 1 Sungai Limau. "Ketika itu saya baru kelas II SMP," tuturnya. Kak Dwi mengaku awalnya bergabung dengan Pramuka karena diajak Almarhumah Buk Darmis, guru Bahasa Indonesia pada SMPN 1 Sungai Limau. Hal itu terus berlanjut sampai ke SMA. Setamat dari SMAN 1 Sungai Limau tahun 1986, ayah dari lima anak ini menjadi pembantu pembina Pramuka di almaternya SMPN 1 dan SMAN 1 Sungai Limau.

Kemudian juga menjadi pembantu pembina di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Lalu ketika diadakan Musyawarah Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan V Koto Kampung Dalam, suami dari Nurliati, guru SMAN 2 Sungai Limau, yang lahir tanggal 12 April 1966 itu terpilih menjadi Andalan Ranting Urusan Sekretaris (Andruset). Kemudian terpilih menjadi Wakil Sekretariat, Sekretaris dan Ketua Harian Kwarcab Pramuka Padang Pariaman.

Namun sejak tahun 2017 alumni Program Pasca Sarjana Fakultas Hukum Unes itu dipercayakan menjadi Pejabat Ketua karena Ketua Kwarcab Ali Mukhni mengundurkan diri. "Pramuka banyak mendidik dan membentuk kepribadian saya. Pramuka juga mengajarkan kepada saya bagaimana cara menjadi manusia yang beriman dan menjadi pemimpin yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara," katanya.

Sementara Happy Neldy, ayah dari 2 putera dan suami dari Ferita Anggirani mulai bergabung dengan Kwartir Cabang 0305 Gerakan Pramuka Padang Pariaman sejak tahun 2015 dengan jabatan Wakil Ketua Kwarcab. Walau baru bergabung dengan Kwarcab bukan berarti Pramuka barang baru baginya. "Saya mulai bergabung dengan Pramuka sejak kelas II di SMPN 3 Tanjung Pinang. Kemudian terputus. Namun aktif lagi di Pramuka setelah satu tahun duduk sebagai mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Unand. Sampai tamat tahun 1991 terus aktif di Racana Unand," kata Ketua DPRD Padang Pariaman ini.

Pengalamannya memegang berbagai jabatan di organisasi baik organisasi sosial kemasyarakatan maupun organisasi sosial poliik, tidak bisa dipandang sebelah mata. Happy Neldy pernah menjadi Sekretaris Partai PKPI dan anggota DPRD Padang Pariaman priode 2004-2009. Sejak enam tahun lalu menjadi Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman dan tanggal 14 Agustus 2019 kemaren kembali diambil sumpahnya menjadi anggota DPRD Padang Pariaman priode kedua, yaitu 2019-2024, dan sekaligus menerima palu sidang sebagai Ketua DPRD.

Sementara Aprinaldi sudah dikenal sebagai orang yang karatan di dunia kepramukaan di Padang Pariaman. Bergabung di Pramuka sejak kelas V SD dan berlanjut terus sampai ke SMP, SMA dan UNP. Berbagai kegiatan kepramukaan mulai dari tingkat cabang, daerah, nasional, regional dan internasional sudah diikutinya.

Suami Yona Arisca kekahiran Kubu, Kampung Dalam 15 April 1983 lalu ini pernah mewakili Kwarcab Padang Pariaman dalam kegiatan Jamboori Pengakap Malaysia di Malaka dan Negeri Sembilan. Kak Ap, begitu dia dipanggil, juga beberapa kali mengikuti Raimuna Nasional dan Perkemahan Wira Karya Nasional. Mantan Ketua Dewan Kerja Cabang Padang Pariaman ini dua priode menjadi Ketua Osis di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Kemudian pernah menjadi Ketua Satma PP Padang Pariaman, Ketua Harian Perpani Sumbar dan Ketua KONI Padang Pariaman serta sejibun jabatan lainnya di banyak organisasi.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x