Mohon tunggu...
Suci
Suci Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Fiksi Islami

Shodaqoh Solusi Ampuh Derita Kemiskinan

3 Juni 2018   21:38 Diperbarui: 3 Juni 2018   21:53 573
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Shodaqoh Solusi Ampuh derita kemiskinan

Isu kemiskinan merupakan salah satu problematika yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Kemiskinan bukanlah hal yang mudah untuk diselesaikan karena kemiskinan adalah bukti kekuasaan Allah. Dengan kemiskinan, Allah ingin mengetahui sejauh manakah kepedulian hambanya yang diberi harta lebih untuk berbagi dengan yang berkekurangan. namun disisi lain juga ada pelajaran terhadap orang yang miskin yaitu sejauh manakan rasa syukur hambanya yang di berikan rizki dalam jumlah yang kurang.

Dalam sejarah, Agama telah menempatkan dirinya sebagai petunjuk manusia untuk merubah nasib ketertinggalan yang berarti kemiskinan. hal ini merupakan tantangan yang harus diatasi dengan berpihak pada agama. sebagai umat, kita perlu berpikir serius bagaimanakah cara untuk mengatasi kemiskinan tersebut. karena kemiskinan terkadang menjadikan keimanan seseorang terganggu. selama ini kemiskinan lebih sering dikaitkan dengan ekonomi karena sesuatu hal yang terlihat, padahal kemiskinan juga berkaitan dengan sosial, pendidikan, agama dan budi pekerti. Sebagian orang beranggapan bahwa mengeluarkan harta dalam bentuk seshodaqoh akan mengurangi jumlah nominal harta, bahkan bisa menyebabkan kemiskinan. Padahal kenyataannya sebaliknya. Harta yang dikeluarkan di jalan Allah akan mendatangkan keberkahan. Yakni menambah kebaikan dari harta itu dan berkembang menjadi banyak.

Dalam artikel ini saya akan sedikit membahas tentang shodaqoh yang dapat mengobati kemiskinan, pada dasarnya semua manusia sudah dijamin Rezekinya oleh Allah SWT. baik kaya maupun miskin itu sama. hanya yang membedakan adalah bagaimana cara kita mensyukuri rezeki tersebut, Seseorang yang miskin tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak bershodaqoh, karena shodaqoh tidak hanya berupa materi, senyum dengan sesama manusia juga akan bernilai shodaqoh.

Namun Apa hakikat shodaqoh itu? Shodaqoh adalah penyerahan hak milik suatu benda yang diberikan kapada seseorang tanpa mengharap imbalan, semata-mata hanya mengharap ridha Allah. bershodaqoh haruslah dengan niat yang ikhlas jangan ada niat ingin dipuji atau dianggap dermawan, karena percuma jika shodaqoh tidak di dasari dengan niat yang ikhlas.

 Namun yang menjadi permasalahan yakni di zaman sekarang orang sangat minim sekali yang bershodaqoh karena lebih memilih digunakan untuk belanja kebutuhan hidup, dan ditakutkan jika hartanya berkurag, namun ada juga orang yang bershodaqoh tapi di niatkan untuk pamer agar dianggap orang lain bahwa dirinya dermawan. namun itu tidak semua orang hanya sebagian saja. padahal sikap memberi atau bersodaqoh mempunyai kelebihan dalam mencari rizki bahkan membuat pintu rezeki lebih luas dan dapat melipatgandakan ganjaran.

Hubungan antara shodaqoh yang dapat menanggulangi kemiskinan yakni, seorang yang miskin tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak bershodaqoh, karena kita di perintah untuk bershodaqoh tidak hanya dalam keadaan lapang(banyak rezeki) namun dalam keadaan sempitpun kita diharuskan untuk bershodaqoh karena itu yang lebih baik. karena ketika kita memberikan harta kepada orang lain maka pasti akan ada gantinya. dan Maha dermawannya Allah, Ia akan memberikan rezeki kepada hambanya yang suka memberi dan akan dilipatgandakan. 

dan Allah akan menjajnjikan balasan yang setimpal kepada hambanya jika melakukan suatu perbuatan, apabila hambanya berbuat baik, maka kebaikan akan kembali kepada dirinya sendiri dan Allah akan memberikan keberkahannya, begitu juga sebaliknya.

begitu juga dengan shodaqoh yang merupakan amalan yang baik, pastinya akan ada balasan yang baik dari Allah, berikut balasan Allah kepada hambanya yang suka bershodaqoh yaitu:

  • Shodaqoh dapat menghapus dosa
  • Mendapatkan naungan dari Allah pada hari akhir
  • Allah akan melipat gandakan pahalanya
  • Mendapatkan surganya Allah
  • Bertambahnya Rizki, karena keberkahan dari shodaqoh.                                                                                                                                                                              Wahai sahabat muslim mumpung kita masih hidup di dunia, gunakan waktu ini dengan sebaik-baiknya, perbanyaklah berbuat baik salah satunya dengan bershodaqoh, janganlah menunggu kaya untuk bershodaqoh karena kesempatan tak dapat terulang kembali, dan kemiskinan atau tidak punya harta bukan alasan untuk tidak beshodaqoh, dan janganlah mempunyai sifat pelit atau eman untuk mengeluarkan harta, karena sesungguhnya semua rizki kita sudah di jamin oleh Allah, tinggal kita yang berusaha berdoa dan menikmatinya.Saudara semoga setelah anda membaca artikel dari saya, bisa termotivasi untuk giat bershodaqoh dan meluruskan niat hanya karena Allah. mari sedekahkan sebagian harta kita, harta hanyalah titipan dari Allah dan tidak patut jika untuk dibanggakan. dengan kita memberi dapat menjadikan pembersih harta kita, ketika harta di shodaqohkan tidak akan berkurang justru Allah akan menambah harta kita menjadi berlipat ganda. selain menjadikan harta berlipat ganda kita juga akan mendapat pahala.Demikian pembahasan artikel dari saya, semoga dapat memotivasi diri kita untuk semangat dalam bershodaqoh, meskipun sedikit namun lakukan secara istiqomah, insyaallah akan berkah dan kebaikan pasti akan kembali kepada kita. sekian apabila ada kesalahan, karena saya manusia biasa, jika ada benarnya semata-mata itu dari Allah, semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Fiksi Islami Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun