Mohon tunggu...
I Luh Aqnez Sylvia
I Luh Aqnez Sylvia Mohon Tunggu... Guru - GURU

Saya adalah seorang guru di SMA Negeri 1 Ungaran yang gemar dalam menulis, baik itu fiksi ataupun non fiksi. Inteligi adalah komunitas saya dalam menulis dan saya terlibat langsung dalam kepengurusan penerbit INteligi .

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) IAKN Ambon bersama SMAN 1, SMAN 5, dan SMAN 7 Kota Tual

1 Oktober 2022   05:05 Diperbarui: 1 Oktober 2022   05:09 466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Penulis Berita : Ajo)

Institut Agama Kristen Negeri Ambon merupakan salah satu Lembaga pendidikan tinggi keagamaan di Provinsi Maluku. Selain pendidikan dan penelitian yang terus dilakukan, ada satu kegiatan penting untuk melengkapi Tridharma perguruan tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada tahun 2022 beberapa tim PKM IAKN Ambon melaksanakan kegiatan di Kota Tual, salah satunya adalah TIM PKM IAKN Ambon Solutif yang mengangkat tema Penguatan Implementasi Kurikulum Meredeka. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) IAKN Ambon kelompok kota Tual dilakukan pada tiga (3) SMA Negeri yakni SMA Negeri 1, SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 7 sebagai Mitra.

Kegiatan PKM diawali dengan sambutan oleh Dr. Onisimus Amtu, M.Pd selaku ketua Tim PKM IAKN Ambon di Kota Tual. Beliau menyatakan bahwa "PKM merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan oleh kolaborasi Dosen dan mahasiswa setiap tahunnya. Adapun Tim ini beranggotakan Dr. J. Talupun, M.Th., Dr Agusthina Siahaya, M.Pd., Jenri Ambarita, M.Pd.K, Ira Ririhena, M.Pd., Vera Talimbung, M.Pd., Priskila D. Lokollo, M.Cs. dan Anatasia Lia sebagai mahasiswa. Lebih lanjut, Amtu menjelaskan bahwa kurikulum Merdeka merupakan salah satu program pemerintah. 

Melalui kurikulum merdeka ini diharapkan pembelajaran yang diterapkan akan menjadi lebih, menyenangkan dan bepusat pada peserta didik yang memberikan kebebasan kepada peserta didik sesuai bakat dan minat. Dari kegiatan PKM ini diharapkan guru-guru SMA Negeri 1, SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 7 Kota Tual: 1) Memiliki pengetahuan dan persepsi yang sama tentang kurikulum merdeka. 2) Memahami model kompetensi sesuai dengan Perdirjen 6565 tahun 2020. 3) Memiliki karakter Pancasila dan mampu mengintegrasikan 6 dimensi profil pelajar Pancasila dalam setiap mata pelajaran. 4) Mampu menyusun modul ajar kurikulum merdeka untuk setiap mata pelajaran. 5) Mampu merancang dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang meliputi konten, proses, produk dan lingkungan belajar.

Kegiatan PKM dibuka langsung oleh Bapak Samsyudin Rumaf, S.Pd. selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kota Tual yang didampingi oleh ketiga kepala sekolah, Bapak Fatah Tukloy, M.Pd.Si (SMA N 1), Bapak Samuel Kuriake Balubun, S.Pd. (SMA N 5) dan Ibu Fransina Silpa Songjanan, S.Pd. (SMA N 7). Rumaf mengatakan bahwa "kegiatan-kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan oleh dunia pendidikan kota Tual. Oleh karena itu, perlu dilakukan kerjasama berkelanjutan antara pihak IAKN Ambon dengan sekolah-sekolah di kota Tual dan dibutuhkan keseriusan para guru dalam mengikuti kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi sebagai seorang pendidik yang profesional".

Kegiatan ini dilaksanakan selama pada hari jumat – sabtu, 23 dan 24 September 2022 betempat di laboratorium computer 1 SMA Negeri 1 Kota Tual. Kegiatan PKM ini berlangsung secara interaktif dan menyenangkan sehingga para peserta mengikuti pelatihan dengan serius dan disiplin. Salah satu peserta mengatakan bahwa Pelatihan ini sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan oleh guru-guru karena sangat mendukung tugas dan tanggungjawab mereka sebagai pemimpin pembelajaran di kelas dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Lebih lanjut, peserta berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan yang mungkin dengan konsep dan tema yang berbeda.

dokpri
dokpri

Bapak Fatah Tukloy yang menjabat sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota Tual mengatakan sangat bersyukur dan senang karena Kampus IAKN Ambon telah berkenan datang dan berkunjung ke kota Tual untuk bisa berbagi dengan guru-guru SMA di Kota Tual. Kegiatan ini sangatlah penting dan sangat tepat sasaran, karena kegiatan yang dilaksanakan merupakan kebutuhan vital para guru dalam melaksanakan pembelajaran paradigma baru. Oleh sebab itu, kepala sekolah berharap kerjasama Lembaga pendidikan kota Tual dengan IAKN Ambon akan terus berlanjut untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik di Provinsi Maluku.

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun