Wisata

Wisata Kedung Ombo dan Kedung Cinta

13 September 2018   16:45 Diperbarui: 13 September 2018   16:49 154 8 0

Waduk Kedungombo merupakan salah satu waduk besar yang ada di Indonesia. Terletak di perbatasan tiga kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen dan Kabupaten Boyolali tepatnya di Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan. Bendungan utama Waduk Kedungombo berada di perbatasan Desa Rambat dan Desa Juworo,Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan. 

Kawasan Waduk Kedung Ombo ini memiliki area seluas 6.576 hektar yang terdiri dari lahan perairan seluas 2.830 hektar dan lahan daratan seluas 3.746 hektar. Waduk Kedung Ombo ini mulai dibuat pada tahun 1980 dan selesai serta diresmikan pada tahun 1991 oleh Presiden Soeharto.

Pemandangan Waduk Kedung Ombo ini begitu indah dan menakjubkan karena keindahan alamnya. Pada saat masuk ke kawasan Waduk Kedung Ombo ini kita disuguhi pemandangan pepohonan yang rindang di pinggir jalan. Setelah masuk kita akan melihat indahnya pemandangan bendungan yang besar dan airnya yang jernih dan tenang membuat suasana menjadi lebih indah.

Tidak hanya itu kita juga dapat melihat perahu motor yang disediakan untuk para wisatawan yang mau menyewa untuk melihat dan memutari Waduk Kedung Ombo tersebut. Tidak hanya perahu motor perahu nelayan pun juga disewakan untuk mengunjungi pulau-pulau yang terdapat di tengah-tengah waduk.

Jika kita mempunyai hobi memancing juga terdapat tempat pemancingan yang khusus disewakan kepada para pengunjung untuk memancing atau kita dapat menyewa perahu nelayan untuk memancing ikan. Waduk Kedung Ombo juga menyediakan pemancingan sekaligus warung yang menjual berbagai makanan yang berbahan dasar ikan, banyak jenis ikan di jual disana.

Kita dapat  menikmati ikan bakar maupun goreng yang enak dan murah yang berasal dari karamba yang berada di Waduk Kedung Ombo. Jika kita ingin menikmati makanan dengan suasana yang lebih indah kita dapat menikmati makanan diwarung apung kedung ombo.

Di bagian samping dari waduk terdapat juga sebuah jembatan yang begitu indah. Akan tetapi kita tidak di perbolehkan untuk memasuki jembatan tersebut. Jembatan itu dijaga oleh petugas setempat dan hanya petugas tersebut yang boleh memasukinya.

Selain dijadikan sebagai tempat wisata Waduk ini juga  memilki manfaat yang sangat besar bagi masyarakat di sekitar waduk tersebut. Fungsi utama waduk ini adalah sebagai sarana irigasi.lebih dari 60.000 hektar sawah yang dapat diairi dengan air dari Waduk Kedung Ombo ini. Sawah yang diairi oleh waduk ini melputi wilayah Kabupaten Grobogan, Sragen, Boyolali, Demak, Kudus, dan Pati.

Selain sebagai penyedia irigasi bagi lahan pertanian warga, waduk ini juga memiliki manfaat lainnya yaitu, sebagai penyedia air baku, sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air yang berkekuatan 22,5 megawat, dapat merendam banjir serta dimanfaatkan untuk perikanan dengan adanya keramba-keramba pemancingan.

Jadi di waduk kedung ombo juga banyak para pasangan suami istri yang berfoto untuk foto pernikahan.Dan hanya dengan membayar tiket masuk kira-kira 7 ribu per orang kita dapat menikmati pemandangan yang indah dan dan bersantai dengan keluarga sepuasnya. Dan saat hari libur para wisatawan sangat banyak berdatangan untuk piknik keluarga dan mengisi hari libur dengan keluarga.

Pada saat air waduk surut kita juga dapat melihat batuan besar ditepi waduk dan kita juga dapat berfoto diatas batu besar ditepi waduk kedung ombo tersebut.

Dan ada satu wisata lagi didekat waduk kedung ombo yaitu kedung cinta didalam nya terdapat patung love yang sangat besar maka dari itu dinamakan kedung cinta disana juga terdapat tempat-tempat yang instagramebel banget untuk para wisatawan yang suka berfoto dan dipamerkan diinstagram.

Dan juga terdapat flying fox ,ayunan,panahan,dan kita berjalan kira-kira 10 menit kita juga dapat berenang karena terdapat kolam renang untuk anak-anak dan biaya per anak hanya 5 ribu rupiah sepuasnya. Dipinggir kedung cinta juga terdapat rumah makan apung sama seperti waduk kedung ombo. Sekian cerita yang dapat saya papar kan yaitu pengalaman saya saat menikmati wisata kedung ombo dan kedung  cinta.