Mohon tunggu...
Rizky Maulana
Rizky Maulana Mohon Tunggu... mahasiswa

agriculture'18 uksw salatiga

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Pentingnya Kebutuhan Air Bersih dan Sanitasi Layak untuk Kehidupan yang Lebih Sejahtera

4 Februari 2020   21:55 Diperbarui: 4 Februari 2020   22:07 748 0 0 Mohon Tunggu...

Awal tahun 2020, tentunya banyak resolusi yang ingin dicapai oleh semua orang, seperti halnya pemerintah Indonesia yang ingin menciptakan keluarga sehat dan sejahtera dengan mendapatkan air bersih yang cukup dan sanitasi yang layak, sehinggga masyarakat bisa hidup dengan lebih baik lagi. Kita ketahui sendiri bahwa air merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang sangat wajib dipenuhi, seperti buat air minum,masak,mandi, dan lain-lain.

Jika berbicara tentang air bersih dan sanitasi yang layak merupakan kebutuhan dasar dari manusia. Ini juga menjadi salah satu poin dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals /SDGs) disini untuk memastikan masyarakat mendapatkan akses air bersih yang cukup dan sanitasi yang layak.

Pada saat ini akses air bersih akses untuk mendapatkan air bersih masih sangatlah sulit terutama didaerah perdesaan, ini juga disebabkan karna adanya pembuangan limbah pabrik disungai dan masih adanya orang kurang sadar yang sering membuang sampah disungai. Perlu kita ketahui sendiri bahwa limbah pabrik itu mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi warga yang menggunakan air disungai itu. Seharusnya limbah itu dibuang ditempat penampungan khusus limbah ataupun diolah oleh pabrik tersebut.

Dari data BPS (Badan Pusat Statistik) pada tahun 2015 masih ada sekitar 72 juta masyarakat Indonesia belum bisa menikmati air bersih yang layak digunakan. Maka dari itu kita yang sudah memasuki tahun 2020 harus bisa menjadi lebih baik lagi dari lima taun yang lalu karna ini juga buat kesejahteraan anak cucu kita yang akan mendatang bukan buat kehidupan saat ini saja.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu kesadaran diri dari diri sendiri dan perlu juga peran pemerintah untuk membantu mengatasi masalah tentang air bersih ini. Kita harus saling bekerja sama untuk melakukan pemeliharaan air maupun sanitasi lingkungan disekitaran sungai supaya kondisi air tetap jernih dan layak dipakai. Jika masyarakat bisa melakukan penjagaan kondisi lingkungan disekitar sungai maka air bersihnya akan terjamin bahkan sampe kita tua dan bercucu nanti.

Berikut adalah cara sederhana untuk membuat air kotor tanpa zat kimia menjadi jernih :

  • Yang pertama yakni menggunakan lumpang batu ini digunakan pada dasar sungai yang dangkal dan tidak berairan keras. Lumpang batu ini bisa menyaring air sungai karena lumpang batu memiliki pori-pori yang kecil. Selanjutnya dibuatnya penutup lumpang guna untuk mencegah air sungai yang kotor masuk ke dalam air jernih.
  • Yang kedua yakni menggunakan arang batok cara ini memerlukan dua buah drum yang berukuran sama besarnya dilengkapi dengan keran air. Tinggi keran air kurang lebih 5 sampai 10cm dari dasar drum (harus lebih tinggi dari endapan lumpur yang akan timbul). Drum pertama berfungsi sebagai bak pengendap dan drum kedua sebagai penyaring air.

Cara diatas bisa juga dicoba jika kepepet tidak ada air bersih sehingga kita tetap bisa menikmati air bersih.

Terimaksih sudah membaca J

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x