Edukasi Pilihan

Satu Tanaman Banyak Manfaat "Pisang dan Kelapa"

18 September 2018   09:40 Diperbarui: 18 September 2018   10:16 421 11 4

PISANG , siapa yang tidak tau dengan buah yang satu ini, dari anak kecil dewasa sampai tua mesti suka dengan buah yang bernama pisang ini. Kalau kita bicara tentang pohon pisang tentu saja sangat luar biasa, karena dari buah sampai akarnya berguna untuk kita. Berikut ini adalah manfaat pohon pisang yang harus kita ketaui agar bisa dimanfaatkan secara maksimal atau mungkin kalian sendiri sudah mengetahuinya.

  • DAUN PISANG daun pisang banyak digunakan sebagai pembungkus makanan, seperti nasi bakar, pepes ikan, dan lain sebagainya. Bisa juga digunakan untuk pengganti payung utnuk melindungi diri dari hujan dan panas matahari jika kita tidak membawa payumg. Selain itu daun pisang juga memiliki manfaat untuk kesehatan  salah satunya adalah untuk menghentikan mimisan.
  • JANTUNG PISANG Biasanya dapat diolah menjadi sayuran,jantung pisang juga memiliki manfaat untuk kesehatan antara lain sebagai pencegah penyakit stroke dan mencegah pendarahan otak.
  • BATANG POHON PISANG / DEBOG , Debog pisang bisa dibuat rakit karena debog merupakan jenis batang pohon yang bisa mengapungdi air. Debog juga bis digunakan sebagai bahan makanan, mungkin agak jarang kita dengar tapi percayalah debog pisang bisa dijadikan sayur yang memiliki rasa yang cukup menarik untuk dicoba.
  • AKAR POHON PISANG Mmpunyai manfaat untuk meredakan demam, mengatasi sesak napas atau asma,mendinginkan darah, dan untuk menyembuhkan penyakit kulit.
  • BUAH PISANG Bagian yang paling sering dirasakan manfaatnya adalah buah pisang. Manfaatnya adalah untuk :
  • bahan olahan pada makanan. Biasanya pisang dimanfaatkan untuk dibuat sebagai menu dessert, seperti kue, es krim, minuman dan masih banyak lagi. Atau biasanya juga dibuat keripik pisang bisa juga digoreng atau dibakar untuk menemani waktu santai kita.
  • Kaya akan zat gizi dan juga mineral . buah pisang memiliki kandngan kalsium,fosfor,vitamin A,vitamin D,dan potasium serta masih banyak lagi vitamin dan juga mineral yang terkandung dalam buah pisang.
  • Dapat menahan rasa lapar . pisang memiliki kandungan potasium yang mampu untuk memberi rasa kenyang pada tubuh kita.

KELAPA siapa juga yang tidak tau dengan pohon yang satu ini yang biasanya tumbuh didaerah pantai tapi banyak juga tumbuh tidak di daerah pantai,sebatang pohon banyak sekali manfaatnya untuk keperluan manusia. Mulai dari pucuk sampai akar. Berikut ini adalah manfaat pohon kelapa yang harus kita ketaui agar bisa dimanfaatkan secara maksimal atau mungkin kalian sendiri sudah mengetahuinya.

  • DAUN daun kelapa muda biasanya digunkan manusia untuk membuat kelontongn ketupat, sedangkan daun yang sudah kering digunakan untuk dedek geni atau menyalakan api untuk memasa di pawon. Sedangkan batang daun menyirip bisa digunkan untuk sapu lidi.
  • BUAH dapat dijadikan sebagai bahan dapur, obat dan minuman. Kulit kelapa(sabut) bisa digunakan untuk pembersih didapur. Batok kelapadijadikan bahan arang untuk memasak/membakar. Sedangkan buah kelapa muda dapat dijadikan minuman segar sekaligus sebagai penawar racun.
  • BATANG Dapat diolah menjadi bahan kusen rumah, seperti untuk tonggak,lantai dan dinding rumah.
  • AKAR digunakan untuk kerajianan tangan sebagai penhias rumah.

Itulah sedikit tulisan tentang manfaat dari pohon pisang dan kelapa, sekian dan terimakasih.