Mohon tunggu...
Rizky Septian
Rizky Septian Mohon Tunggu... Berbagi informasi

berbagi informasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

21 April 2021   15:25 Diperbarui: 21 April 2021   15:40 61 0 0 Mohon Tunggu...

dokpri
dokpri
BANDUNG,  -- Masyarakat di Indonesia kini sedang dilanda kekhawatiran karna adanya wabah virus corona yang makin hari makin menambah korban jiwa. Ini tidak terjadi di satu negara saja bahkan hampir semuan negara mengalami pandemi covid-19 tersebut. Akibat pandemi Covid-19, penggunaan masker menjadi sebuah kewajiban jika akan beraktifitas di luar rumah. Tak hanya itu, banyak pekerja atau karyawan yang terkena PHK karena penurunan ekonomi negara yang berpengaruh terhadap perusahaan.

Pandemi Covid-19 tidak selalu buruk, ternyata dibalik pandemi Covid-19, justru bermunculan peluang bisnis baru yang menuai keuntung. Seperti bisnis online di bidang perdagangan-apparel, fashion, food & beverages, life style sampai ke usaha pendidikan online. Banyak pelaku bisnis online yang meraih sukses dari usahanya. Salah satu pelaku usaha yang memanfaatkan peluang ini adalah Khahril Al Fakhri (22), yang akrab dipanggil sapoy, pemilik toko online Twenty Six Apparel yang sukses dalam menjalankan usaha berjualan online. Tentu ada perjuangan dalam meraih kesuksesannya. Banyak cerita suka duka mengikuti perjalanan bisnis online yang dibangun.

"Awal mula saya berkecimpung di dunia bisnis ini karena tidak mau bekerja dibawah pimpinan orang lain, ingin membuka lapangan pekerjaan dan ingin menjadi pengusaha. Sebelum berkecimpung di bisnis online saya pernah 2 mendirikan bisnis, yang pertama Kambona Project, bisins ini menggarap 3 bidang usaha yaitu dibidang otomotif, desain,  jasa fotografi dan videografi, namun usaha tersebut tidak menunjukan hasil yang memuaskan karena strategi dan marketing yang kurang tepat. Setelah itu saya mencoba usaha dibidang kuliner yang saya namakan Skullycious Burger, bisnis ini pun tidak berjalan lama dikarenakan pandemi yang sedang mewabah di Indonesia. Lalu saya berfikir keras untuk mencari peluang bisnis yang bisa saya jalankan, akhirnya saya mencoba di dunia bisnis online yang sedang marak pada saat itu, dan saya berjualan dikategori fashion." Ungkap Sapoy saat wawancara pada Senin (12/04/21).

Berjualan online tidak terlalu memerlukan banyak modal, karena tidak memerlukan tempat untuk berjualan seperti gerai ruko, melainkan cukup menggunakan HP atau Laptop dan berjualan di E-commerce seperti yang dilakukan Sapoy, ia berjualan dibeberapa E-commerce ternama seperti Shopee, Lazada, dan Toko Pedia.

"Saya memilih berjualan online karena melihat peluang besar untuk mencapai kesuksesan, lagi pula ditengah pandemi masyarakat tidak diperkenankan untuk keluar rumah, dengan hal tersebut otomatis masyarakat cenderung lebih banyak berbelanja secara online. Alasan saya untuk berjualan online dikategori fashion karena  bisa dibilang dunia fashion itu gaada matinya, akan terus  menerus bermunculan trend baru setiap waktnya" jelasnya.

Tidak sedikit orang yang ingin menjadi pengusaha sukses, namun tidak banyak juga orang yang meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis. Dalam menjalankan bisnis terutama bisnis online ada beberapa hal yang harus perhatikan dan dilakukan agar bisnis yang dijalankan mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Harus yakin dengan bisnis yang sedang dijalankan akan sukses. Fokus, disiplin, perpikir kreatif dalam menjalankan bisnis, jangan berpikir bejualan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, harus mempunyai target yang memotivasi, percaya berkerja keras akan membuahkan hasil yang memuaskan. Yang paling utama adalah pembukuan atau manajemen dalam sebuah bisnis, sukses atau tidaknya sebuah bisnis bisa dilihat dari pembukuan atau manajemen bisnis tersebut" jelasnya.

Rizky Septian

Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia

IK2B -- Fakultas Komunikasi dan Desain

VIDEO PILIHAN