Mohon tunggu...
207 Thalia Amila
207 Thalia Amila Mohon Tunggu... Mahasiswa

FK UNS

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Edukasi Upaya dalam Menghadapi Covid-19 dari KKN UNS kepada Masyarakat Dusun Gambiran

10 Juli 2020   17:58 Diperbarui: 10 Juli 2020   18:05 12 1 0 Mohon Tunggu...

Jumat, 26 Juni 2020

Surakarta, Jawa Tengah

Corona virus disease 2019 (COVID-19) adalah suatu virus yang sangat infeksius yang memiliki angka mortalitas yang cukupp tinggi. Virus ini disebar luaskan melalui transmisi droplet yang terdapat di cairan yang keluar dari hidung ataupun mulut ketika orang yang terinfeksi batuk ataupun bersin. Di Indonesia angka penyebaran kasus COVID-19 masih cukup tinggi dan terdapat kasus positif baru yang bertambah setiap harinya.

Upaya pencegahan COVID-19 dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya adalah ketika keluar rumah senantiasa untuk menggunakan alat perlindungan diri, menerapkan social distancing dan physical distancing, selain itu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang salah satu wujudnya adalah dengan melakukan hand hygiene secara tepat dan juga senantiasa menjaga kekebalan tubuh. 

Upaya-upaya ini perlu untuk dipahami dan diterapkan oleh masyarakat secara luas agar lingkungan sekitar tetap terjaga, oleh karena itu untuk mendukung usaha tersebut maka edukasi perlu dilakukan.

Pada hari Jumat (26/4), salah satu peserta KKN UNS Era COVID-19 (Thalia Amila Elsiyana, G0017207) dibawah bimbingan Bapak Budi Siswanto, S.Pd., M.Ars turut berkontribusi dalam membantu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap upaya-upaya dalam menghadapi COVID-19 dengan melaksanakan edukasi melalui penempelan poster edukasi di beberapa lokasi strategis di Dusun Gambiran RT006/RW002, salah satunya di papan informasi pos ronda Dusun. Pada hari itu total poster edukasi yang ditempelkan berjumlah 10 buah.

Selain melakukan kegiatan penempelan poster edukasi, selama satu bulan sebelumnya yaitu dimulai sejak tanggal 1 Mei 2020 penulis juga telah melaksanakan edukasi online melalui media WhatsApp Group ibu-ibu PKK Dusun Gambiran dan juga melalui media Instagram. Edukasi Online yang dijalankan berupa edukasi menggunakan poster edukasi dan juga tanya jawab. 

Diadakan juga lomba membuat masker sendiri dan lomba cuci tangan dengan harapan proses edukasi berjalan dengan lebih maksimal. Pada akhir kegiatan KKN dipilih 9 pemenang dari kedua lomba tersebut dan masing-masing pemenang diberi hadiah berupa sabun cair, handsanitizer dan juga vitamin C.

Dari kegiatan KKN UNS masyarakat sekitar diharapkan sudah memahami mengenai pentingnya upaya preventif dalam menghadapi COVID-19 untuk menurunkan persebaran penyakit dan juga masyarakat diharapkan senantiasa menerapkan kegiatan tersebut agar kesehatan lingkungan tetap terjaga.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x